WHAT'S NEW?
Loading...

Buku The Mindset, Siap Mengubah Mindset Anda



Secara rutin saya mengunjungi sebuah website inspiratif, www.geraidinar.com yang dikelola oleh Pak Muhaimin Iqbal, pegiat ekonomi Islam sekaligus praktisi pertanian berbasis Al Quran dan Sunnah. Dulu banyak membaca artikel beliau tentang seluk-beluk dinar dan dirham. Setelah berhasil dengan GeraiDinar dan M-Dinar, kini Pak Iqbal mengembangkan usaha pertanian yang mengaplikasikan ayat-ayat Al Quran dan Sunnah. Salah satunya dengan menanam komoditas tanaman yang disebut dalam Al Quran, antara lain tamanan kurma, zaitun, tumbuhan alfalfa dan anggur.



Pak Iqbal termasuk penulis produktif, seingat saya, bukunya pernah diterbitkan oleh Republika Penerbit, Gema Insani Press dan Pro U Media. Sedang dua buku terakhir beliau bagikan gratis dalam bentuk e-book yang bisa didownload dan bebas dicetak. Beliau memang berkomitmen setidaknya menulis satu buku dalam satu tahun, buku The Mindset merupakan buku ke-14 yang ditulisnya. Saya sendiri coba mencetak The Mindset, enam eksemplar dengan kisaran harga Rp 45 ribu.

Buku The Mindset ini, atau judul lengkapnya WATANA, Wana Tani Ternak, The Mindset, memuat ide-ide kreatif dan pandangan baru dalam melihat berbagai persoalan terkait Wana (lahan/hutan), Tani dan Ternak. Saya jadi tersadar betapa banyak potensi negeri ini yang tersiakan karena mindset kita yang salah dalam melihat peluang dan persoalan. Sebagai contoh, dalam mindset kita, jika disebut daging, maka asosiasi akan tertuju pada daging sapi. Sedang kita tahu produksi daging sapi kita selalu kekurangan. Sehingga tak salah jika tingkat konsumsi daging kita rendah yang berakibat kualitas sumber daya manusia kita juga rendah. Padahal daging kambing atau domba justru yang lebih banyak disebutkan dalam Al Quran dan Hadits. Rasulullah juga banyak mengkonsumsi daging kambing/domba.

Di bagian lain, selama ini kita enggan berusaha karena alasan kekurangan modal. Padahal yang terpenting adalah pasar bukan modal. Pemahaman akan pasar sangat membantu ketimbang ketersediaan modal. Inilah salah satu hikmah mengapa Abdurrahman bin’Auf ketika hijrah ke Madinah lebih memilih ditunjukkan pasar ketimbang menerima bantuan modal.

Hal lain yang ditawarkan Pak Iqbal dalam buku The Mindset ini adalah, peluang untuk berinvestasi dalam usaha peternakan Kambing/Domba. Hanya dengan bermodal Rp 200.000 kita bisa ikut memiliki peternakan Domba yang dikelola di Jonggol Farm, Jonggol Jawa Barat. Peternakan kambing/domba termasuk salah satu yang banyak disebut dalam Alquran dan Hadits, selama ini kita telah takhluk oleh negara-negara peternakan seperti Australia atau New Zealand, padahal Indonesia memiliki potensi untuk berswasembada daging (Kambing/Domba).

Untuk ikut, program ini Anda bisa membaca sekilas ulasannya Lambbank, Bank Domba Pilihan Investasi Riil dengan Mudah. [et.com]


0 comments:

Post a Comment