Mempersiapkan Perlengkapan Untuk Buah Hati Yang Baru Lahir

Dalam kehidupan berumah tangga kehadiran anak atau buah hati merupakan suatu yang dinantikan. Sehingga jauh-jauh hari orang tua sudah mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir wajib punya. Bagi pasangan suami istri yang baru pertama kali memiliki bayi terkadang belum mempunyai pengalaman sehingga perlu mencari banyak referensi ketika hendak berbelanja perlengkapan bayi.


perlengkapan bayi


Kini dengan kemudahan informasi yang bisa diperoleh serta jaringan komunikasi yang dengan mudah dapat diakses pasangan suami-istri bisa dengan gampang mencari informasi yang diperlukan. Apalagi terdapat sejumlah grup di media sosial yang memang diperuntukkan bagi orang tua dalam mempersiapkan kelahiran.

Dalam mempersiapkan perlengkapan untuk bayi yang baru lahir sebaiknya dilakukan sekitar sebulan atau dua bulan sebelum hari perkiraan lahir (HPL). Sehingga kondisi calon ibu masih dalam kondisi fit dan tidak mengganggu kehamilan.

Pilihlah jenis perlengkapan yang lembut dan nyaman khususnya untuk perlengkapan yang terbuat dari kain seperti baju, handuk, waslap, kaos tangan, kaos kaki, petutup kepala dan sebagainya. Agar bayi merasa nyaman saat mengenakan. Khusus untuk baju bayi, sebaiknya memilih ukuran yang lebih besar, untuk mengantisipasi jika perkembangan bayi cepat.

Selain itu tidak perlu membeli baju dalam jumlah yang berlebihan karena perkembangan biasanya relatif cepat. Ukuran baju pun memerlukan kapasitas yang lebih besar. Jangan sampai kebanyakan membeli baju yang satu ukuran dan akhirnya tidak terpakai karena akan menjadi mubazir.

Lalu apa saja kebutuhan bayi baru lahir yang perlu dipersiapkan? Berikut bisa menjadi gambaran bagi Anda dalam mempersiapkan.

Beberapa perlengkapan dasar yang perlu disiapkan antara lain :

  • Waslap, terdapat bentuk yang bermacam-macam. Lebih mudah digunakan jika bentuknya berupa kaos tangan.
  • Popok bayi. Bisa memilih popok yang terbuat dari kain maupun bahan lain. Terpenting nyaman digunakan bayi dan tidak menyebabkan iritasi kulit mengingat kulit bayi masih sangat sensitif.
  • Perlak atau alas yang tahan air untuk mengalasi agar ketika buat air tidak membasahi kasur terutama ketika bayi kita letakkan di atas tempat tidur.
  • Perlengkapan dasar lainnya berupa celana pendek dan panjang (setengah lusin), kain bedong (setengah lusin), baju lengan panjang dan pendek (setengah lusin), kaos kaki (enam pasang), topi bayi (tiga), serta selimut bayi secukupnya.

 

Mempersiapkan perlengkapan mandi untuk bayi

Untuk kebutuhan harian memandikan bayi perlu dipersiapkan beberapa alat berupa.

Bak mandi sesuai dengan proporsi ukuran badan bayi, sabu bayi, sampo bayi serta handuk bayi setidaknya dua handuk.

Perlengkapan lain yang perlu dipersiapkan selain perlengkapan dasar dan untuk kebutuhan mandi. Beberapa di antaranya untuk mencukupi kebutuhan harian bagi si buah hati antara lain:

 

Baby oil atau minyak telon terutama dibutuhkan untuk membaluri tubuh bayi setelah dimandikan.

Untuk menggendong, Anda membutuhkan gendongan bayi yang kini tersedia beragam model dengan harga bermacam-macam. Jika tidak ingin membeli, sekarang juga tersedia jasa yang menyewakan perlengkapan bagi bayi yang baru lahir.

Perlengkapan lain berupa kapas dan kain kasa berguna menjaga kebersihan tali pusar bayi sebelum lepas. Karena biasanya bagian pusar rawan terkena air dan lembab.

Tas bayi juga mungkin dibutuhkan untuk membawa berbagai perlengkapan bayi saat hendak bepergian.

Jika Anda ingin memberikan air susu ibu (ASI) secara eksklusif namun terkendala keadaan karena harus masuk kerja. Maka perlu pula disiapkan alat-alat untuk memeras dan menyimpan ASI.

Dengan berbagai persiapan yang disiapkan sejak awal, akan membantu Anda dalam mengasuh buah hati dengan lebih tenang. [r]

Tidak ada komentar untuk "Mempersiapkan Perlengkapan Untuk Buah Hati Yang Baru Lahir"