Penghubung Kebaikan

Dalam sebuah forum yang digelar secara virtual, Anggota DPRD DIY Sofyan Darmawan menyebut pelajaran jarak jauh yang kini berlangsung meminimalkan risiko penyebaran Covid-19. Tetapi, ia menyebut, ada efek lain yang jarang terekspose, meningkatnya gangguan kejiwaan!

Penghubung Kebaikan



Ya, kondisi saat ini memang di luar dugaan. Saat era 4.0 baru sebatas ucapan dan masih banyak wilayah yang belum merasakan. Dunia pendidikan dipaksa menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Bukan hanya murid dan orang tua yang kaget, tidak sedikit guru pun terkejut.

Terdapat sejumlah kendala baik sumber daya manusia (SDM) maupun sarana dan prasarana yang ada. Sebagai contoh, saat di rumah, untuk mengakses internet hanya bisa menggunakan layanan operator tertentu. Itupun harus mencari ruangan dengan sinyal terbaik. Kadang mesti wira-wiri di halaman.

Padahal saya tinggal di jantungnya tanah jawa, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak terbayang, bagaimana kondisi para pelajar di daerah yang lebih pelosok lagi.

Beruntung sejak lebih dari lima tahun terakhir sudah bisa memanfaatkan langganan fasilitas internet dengan sistem wireless.

---
Berawal dari sebuah status whatsapp Malik Hanafi Sofyan tentang buku. Muncul inisitif untuk membuat semacan komunitas belajar. Setelah beberapa kali pertemua akhirnya tercetus Sekolah Rakyat Nanggulan (SRN). Perpaduan antara taman bacaan masyarakat, komunitas belajar dan kegiatan sosial budaya.

Mengusun semangat mengajar santun mendidik budi, SRN memulai langkah kecil dengan membuka kelas membaca untuk anak-anak TK dan Kelas 1 SD.

Harapannya mereka nanti ketika masuk sekolah secara offline tidak kagok dengan pelajaran yang ada. Sudah punya bekal kemampuan untuk membaca.

Tidak semua orang tua punya kapasitas mengajari anak-anaknya. Maka SRN berharap bisa menjadi penghubung kebaikan-kebaikan. Ada anak-anak yang siap belajar dan ada kakak-kak dari SRN yang rata-rata masih menempuh kuliah rela meluangkan waktu menemani adik-adik mereka.

Semoga langkah kecil ini terus bertumbuh. Menuju Nanggulan yang Berdaya dan Berbudaya. Anda pun bisa turut serta.

Barat || 27 Maret 2021

IG @https://www.instagram.com/sr.nanggulan/

Tidak ada komentar untuk "Penghubung Kebaikan"