Cara Mencuci Jaket Kulit Agar Bersih dan Tetap Awet

Perawatan jaket kulit penting dilakukan agar bertahan awet. Cara mencuci jaket kulit berbeda dengan mencuci jaket kain. Jaket kulit banyak diminati kalangan tua maupun muda. Terutama para rider alias pemotor yang terbiasa menempuh perjalanan jauh. Selain terlihat keren dan stylish, jaket kulit memang terbukti memiliki beberapa keunggulan ketimbang jaket dari bahan kain, parasut atau karet. Di antara kelebihan jaket yang terbuat dari bahan kulit ialah memiliki ketahanan yang kuat seperti tidak mudah terbakar dan anti air tetapi tetap lentur sehingga nyaman digunakan.

cara mencuci jaket kulit
Jaket kulit (pixabay.com)

Selain itu jaket kulit terasa lebih hanya saat dikenakan, bisa melindungi dari goresan dan terpaan angin khususnya bagi pengendara sepeda motor. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki tersebut tidak heran jika harga jaket kulit bisa mencapai jutaan rupiah. Umumnya bahan kulit yang digunakan berasal dari kulit domba, kambing maupun sapi. Daerah Garut Jawa Barat dikenal sebagai penghasil jaket kulit yang produknya sudah dipasarkan secara luas di Indonesia.

Namun seiring dengan kemajuan teknologi, kini telah beredar pula di pasaran jaket kulit imitasi yang dibuat mirip dengan jaket kulit asli. Sehingga bagi Anda yang ingin membeli jaket kulit asli harus lebih teliti mengenali cirri-ciri jaket kulit asli. Umumnya jaket kulit asli memiliki tekstur yang agak kasar dengan pola yang tidak sama. Jika dikenakan siang hari jaket kulit asli akan memberi rasa sejuk. Dari segi aroma, jaket kulit asli memiliki aroma yang khas tidak seperti produksi pabrik.

 

Cara Benar Mencuci Jaket Kulit

Bagi Anda yang terbiasa mempercayakan urusan cuci pakaian ke jasa laundry maka perlu pesan khusus saat mencucikan jaket kulit. Sebab tidak semua laundry paham dalam mencuci jaket kulit asli. Sebetulnya tidak begitu sulit mencuci jaket kulit, karena proses pencuciannya tidak perlu direndam atau disikat. Berikut cara mencuci jaket kulit agar bersih dan tetap awet.

Pertama, pastikan bahwa jaket memang perlu dicuci. Karena proses pencucian berpotensi merusak jaket. Jika terdapat noda yang bisa dihilangkan dengan cara dilap dengan kain, maka cukup dibersihkan pada bagian yang kotor.

Kedua, untuk mencuci jaket kulit, hindari menggunakan deterjen yang mengandung banyak bahan kimia. Pilihan yang mudah adalah menggunakan sampo.

Ketiga, larutkan sampo secukupnya ke dalam air bersih. Kemudian ambil kain bersih untuk mengusap jaket dengan arah yang teratur. Jika tidak yakin dengan daya tahan pewarna jaket, Anda bisa mencobanya dengan mengusap sedikit pada bagian yang tersembunyi. Jika pewarna menjadi luntur, hentikan proses pencucian.

Keempat, usap jaket dengan kain bersih yang telah dibasahi air dan sampo. Usapkan secara merata. Untuk memudahkan proses ini, jaket bisa digantungkan dengan hanger baju.

Kelima, setelah semua bagian terusap. Segera bilas dengan cara mengusapkan kain bersih yang dicelupkan ke dalam air bersih. Lakukan secara merata dan pastikan semua bekas sampo sudah tersapu dengan bersih.

Keenam, keringkan jaket dengan handuk bersih. Tidak disarankan mengeringkan jaket kulit dengan cara dijemur karena dapat mempercepat kerusakan jaket.

Ketujuh, pastikan jaket dalam kondisi kering baru kemudian disimpan. Menyimpan jaket kulit dalam kondisi lembab dapat membuat jaket kulit terkena jamur.


Tips Merawat Jaket Kulit Asli

Menjaga jaket agar tidak lembab dan tetap kering merupakan salah satu perawatan penting. Sebab jaket kulit berpotensi terkena jamur. Selain itu untuk perawatan Anda bisa juga menggunakan body lotion dengan cara mengoleskannya. Karena masing-masing jaket kulit memiliki karakteristik berbeda. 

Ada baiknya melakukan ujicoba pada bagian terbatas sebelum melakukannya secara menyeluruh ke permukaan jaket. Jika jaket diolesi body lotion dan tidak luntur, Anda bisa menerapkannya ke seluruh permukaan. Dengan cara ini bisa membantu agar jaket kulit tetap terawat. [e]


Tidak ada komentar untuk " Cara Mencuci Jaket Kulit Agar Bersih dan Tetap Awet"