WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Mudah Tapi Jarang Dilakukan Saat Mencari File dan Folder di Komputer



Cara mudah mencari file atau folder yang ada di komputer sebetulnya ada beberapa pilihan. Hanya saja terkadang fasilitas yang disediakan oleh Windows tidak banyak orang yang tahu atau memanfaatkannya. Saya sendiri kadang kesulitan mencari file atau folder jika kebetulan ingin mencetak lagi dokumen yang diperlukan. Ya, karena saya sendiri termasuk orang yang kurang sistematis dalam mengarsipkan file di komputer.

Selama ini mencari file dengan cara mengetikan nama file dengan nama persis atau sebagian kata saja, seingatnya. Misalkan jika, pernah menyimpan file dengan judul, Cara Mengecilkan File PDF dengan Mudah, terkadang karena lupa judul lengkap, saya hanya ketikan File PDF, maka akan muncul judul yang dimaksud. Hanya saja menjadi sedikit repot jika kita lupa nama filenya.

Sekarang, saya tahu cara lain jika lupa nama filenya. Yaitu dengan mengingat kapan dokumen atau file itu dibuat. Jika lupa persis tanggal pembuatan atau modifiednya kita cukup mengetikan pilihan satu minggu terakhir, atau satu bulan terakhir. Oh, ya, yang sedang kita bahas adalah pada Windows 7.

Bagaimana cara mudah mencari file di komputer yang saya maksud? Coba perhatikan gambar berikut agar lebih mudah dimengerti.
1.    Pertama jika pencarian dengan cara biasa yaitu mengetikan nama file. Silakan arahkan kursor ke logo Windows di bagian bawah-kiri. Maka akan muncul kotak pencarian Search file and programs silakan ketikan nama file yang dimaksud. Maka di atasnya akan muncul file-file dengan nama yang dimaksud. Jika tidak muncul bisa klik pilihan see more result. Untuk membuka file, Anda bisa langsung klik pada judul file yang muncul.



2.    Pencarian dengan mengingat tanggal pembuatan dokumen. Silakan klik logo folder. Maka akan terbuka pilihan pencarian dalam folder. Pada kotak pencarian di bagian atas kanan silakan arahkan kursor, maka akan muncul pilihan pencarian. (lihat gambar). Ada beberapa pilihan, apakah Anda akan mengetika nama file atau memilih pencarian dengan menyaring berdasar tanggal pembuatan/penyimpanan terakhir atau berdasar ukuran file. Setelah itu silakan tekan enter atau klik. Maka akan muncul file atau folder yang sesuai kita filter.


Silakan pilih date modified untuk menyaring berdasar tanggal pembuatan/penyimpanan terakhir file.


Jika Anda lupa tanggal pastinya, bisa memilih rentang waktu yang ada. Satu tahun terakhir, minggu lalu, atau hari kemarin.

2 comments: Leave Your Comments

  1. Terima kasih banget banget, saya 2 hari cari file yang sangat2 penting sampai jam 3 pagi tapi ga ketemu2..secara udh 5 th file itu dibuat jadi lupa taro dimana..Thx yaw ;-)

    ReplyDelete