WHAT'S NEW?
Loading...

Menggali Inspirasi dari Buku Don’t Make Me Think!



Don’t Make Me Think! Begitu judul karya Steve Krug ini. Hampir tak ada tanda bahwa buku ini mengupas tentang web atau blog. Dengan sampul berwarna merah kecoklatan. Ilustrasi covernya berupa gambar wajah orang yang dilukis dari samping. Satu-satunya yang menuntun saya menemukan buku ini adalah ia terletak di deretan buku tentang komputer, blog dan IT. Buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh Prigel.

Buku Panduan Praktis Web/Blog
Buku Panduan Praktis Web/Blog


Meskipun lebih banyak membahas tentang desain Web, namun secara umum buku ini memberikan gambaran penting bagaimana kita membangung sebuah web ataupun blog. Saat menulis artikel ini saya belum sempat membaca sampai tuntas buku itu, hanya saja seperti kebiasaan saya. Metode membaca buku dengan loncat-loncat halaman merupakan keasyikan tersendiri. Di mana saya bisa menemukan satu dua harta karun berharga di halaman tertentu.

Beberaoa harta karun yang telah saya temukan dalam buku Don’t Make Me Think! antara lain:
1.    Kebergunaan web atau blog. Saya pikir ini adalah prinsip dasar yang harus dipahami setiap blogger. Untuk apa membuat blog jika tidak ada manfaatnya alias tidak berguna.
2.    Konten yang ringkas. Saat ini setiap detik dunia dibanjiri beragam informasi tanpa henti. Berita terbit setiap sepersekian detik. Maka orang cenderung memilih berita yang ringkas dan bernas. Dalam bahasa editor, potonglah separuh dari artikel dan singkirkan lagi setengahnya.
3.    Desain yang jelas dan tak membuat ragu orang untuk ‘Klik’. Web yang baik tak memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk berpikir dua kali sebelum mengklik. Dengan desain yang tertata dan rapi orang akan dengan mudah memutuskan melakukan ‘klik’. Ini artinya informasi yang mereka baca akan semakin banyak. Sebanding dengan page view yang terus tumbuh.
Demikian di antara poin dalam buku Don’t Make Me Think! Tentu masih banyak lagi poin penting lainnya. Ke depan kemungkinan akan saya tulis lagi. Semoga bermanfaat. [e]

0 comments:

Post a Comment