WHAT'S NEW?
Loading...

8 Langkah Membuat Laman Home Agar Lebih Menarik



Delapan langkah mendesain laman home pada blog agar memiliki daya tarik. Steve Krug dalam bukunya, Don’t Make Me Think! memaparkan cara-cara mengatur halaman home pada blog sehingga efektif memikat pembaca. Laman home pada blog ibarat teras rumah, ia menjadi yang pertama kali dilihat oleh para pengunjung blog. Dengan demikian mesti menunjukkan apa yang dicari oleh para pengunjung.

Buku Dont Make Me Think!


Setidaknya ketika pengunjung melihat laman home, mereka akan menemukan berbagai informasi berharga tentang web kita. Maka laman home setidaknya perlu mengakomodasi beberapa menu dan informasi antara lain.

1.    Identitas dan tujuan situs. Dengan begitu ketika orang mampir di laman home akan otomatis mengetahui situs yang sedang mereka kunjungi dan misi mereka. Misal, www.ekotriyanto.com > Berbagi dalam kesederhanaan.
2.    Hierarki situs. Laman home menjadi ikhtisar, rangkuman dari konten yang bisa ditemukan dalam web. Maka perlu membuat tampilan yang bisa mewakili isi dari web. Misal memberikan shortcut menuju menu-menu yang ada.
3.    Pencarian. Menyedikan menu pencarian pada laman home web kita, akan membantu pengunjung mengkases konten lainnya di web.
4.    Cuplikan (teaser). Ibarat kail untuk memancing, cuplikan yang disajikan haruslah benar-benar menarik orang untuk membaca lanjutannya.
5.    Konten terkini. Pengunjung akan tertarik dengan isi terbaru dari web kita. Maka menampilkan konten terkini akan menjadi salah satu yang banyak dilirik pengunjung.
6.    Transaksi. Pemasangan promosi, iklan dan sejenisnya bisa dipasangkan pada laman home.
7.    Shortcut. Menuju konten yang sering dicari pengunjung, sehingga mereka cepat menuju lokasi yang sedang dicari.
8.    Registrasi. Jika web Anda memerlukan menu registrasi, memasang di laman home merupakan pilihan yang baik.

Pada dasarnya, mendesai laman home harusnya mempertimbangkan kebergunaan bagi para pengunjung. Jangan sampai terlalu ramai dengan menu sehingga justru membingungkan pengunjung dan mereka bergegas meninggalkan blog kita. [e]


Bacaan: Buku Don’t Make Me Think! Karya Steve Krug

0 comments:

Post a Comment