WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Mudah Menghapus Tanda Petik Satu di Excel dan Mengubah Menjadi Format Tanggal


Cara Menghapus Tanda Petik Satu Pada Excel Agar Menjadi Format Tanggal, ini berawal saat harus membantu teman mengeditkan laporan keuangan. Ceritanya dia menginput dengan menulis tanda petik satu (‘) pada setiap penulisan tanggal. Contoh : ‘1-1-2001. Penulisan seperti itu dan pada kolom tanggal tidak ditulis berurutan. Masalah timbul ketika laporan itu harus diurutkan berdasarkan tanggal transaksi.

Awalnya saya mencoba menghapus dengan me-Replace karakter tersebut. Tetapi ternyata tidak terdeteksi. Saya juga mencoba dengan perintah FIND dan LEFT, ternyata juga gagal. Akhirnya saya mencari referensi di google dan nemu salah satu cara yang bisa diterapkan dengan mudah. Intinya mengubah, tulisan TEKS di dalam KOLOM menjadi apa yang kita inginkan, dalam hal ini adalah menjadi format TANGGAL.

Langsung saja Anda bisa mengikuti langkahnya;
1.    Blok kolom tanggal yang dimaksud
2.    Klik Data
3.    Pilih menu next to colums


4.    Akan muncul notifikasi pilih NEXT
(jika membutuhkan penyisipan karakter atau spasi, silakan pilih.Pada gambar saya contohkan jika ingin menyisipkan tanda garis miring (/)


5.    Klik NEXT lagi
6.    Pilih kolom data, pilih format DATE (Tanggal), apakah ingin menulis TGL/BLN/THN, atau BLN/TGL/THN, dan sebagainya.


7.    Finish. Lihat hasilnya.
Semoga bermanfaat. Jika ada kendala bisa kontak FB saya. Cari saja; eko sang pencerah.

7 comments: Leave Your Comments

  1. makasih infonya bermanfaat banget buat aku yg kesulitan sort

    ReplyDelete
  2. Kembali kasih untuk mbak Yusi, atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  3. gimana cara menghilangkan tanda petik satu di depan teks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba blok semua teks yang ada tanda petiknya, lalu cari menu CLEAR (gambar penghapus) pilih Clear Format. Semoga bermanfaat.

      Delete
  4. Replies
    1. terima kasih kembali mbak Mofita. Senang jika info tersebut memberi manfaat.

      Delete
  5. kalau aku punya kasus gini, ada satu cell kalau buat tgl muncul tanda peti '2/30/2016 tidak bisa di format jadi 30 februari 2016, caranya dimana biar tanda petik hilang disaat saya masukkan angka/tgl menjadi 30, kalau ku buat tgl lain 30 bisa hanya tgl 30 yg ndak mau.trims

    ReplyDelete