WHAT'S NEW?
Loading...

Mengecilkan Ukuran Gambar, Banyak Sekaligus dengan Mudah


[info tekno] – Cara mudah mengecilkan ukuran gambar ialah dengan microsoft picture manager. Software ini telah ada jika komputer atau laptop Anda menggunakan sistem operasi microsoft windows. Sehingga gambar yang akan diupload ke internet menjadi lebih ringan. Dulu saya biasa menggunakan save for web di potoshop, atau menggunakan paint. Tetapi harus satu-satu. Nah dengan Microsoft Picture Manager ada pilihan menu banyak sekaligus. Untuk membuka aplikasi ini ada beberapa cara:

Pertama, dari menu star (logo windows di bagian bawah kiri), silakan klik > All Programs > klik 2 kali, pilih > Microsoft Office (2007/2010) > Klik 2 kali, pilih > Microsoft Office Tools > Klik 2 kali, pilih Microsoft Picture Manager (MPM). Maka akan terbuka lembar kerja MPM. Setelah itu Anda bisa memilih foto yang akan dikompres dengan cara, memilih gambar yang ada di folder sebelah kiri lembar kerja. Anda bisa memilih satu gambar maupun satu folder.

Kedua, dengan cara open with, Anda bisa memilih satu gambar, kemudian klik kanan pada gambar dan pilih Open With. Silakan pilih Microsoft Picture Manager lalu klik. Maka akan terbuka lembar kerja MPM dengan gambar yang telah Anda pilih.

Jika telah terbuka, bila menghendaki mengkompres gambar dalam jumlah banyak, Anda harus melakukan dengan cara nomer satu. Setelah muncul banyak gambar, Anda tekan CTRL + A (tombol Ctrl dan Huruf A) secara bersamaan. Maka seluruh gambar akan terblok (terpilih).

www.ekotriyanto.com


www.ekotriyanto.com


www.ekotriyanto.com

Kemudian klik edit pictures (bagian atas) maka akan muncul menu Change Picture Size; Resize dan Compress. Silakan pilih Compress dan pilih mode yang dikehendaki, apakah untuk dokumen, kiriman email atau upload di web. Semua tersedia dan ada estimasi ukuran sebelum dan sesudah kompres. Jika menghendaki file asli tetap berukuran besar, Anda sebaiknya mengkopinya ke dalam folder berbeda sebelum dikompres.

Kemudian klik OK, maka proses kompresi akan berlangsung. Tunggu beberapa saat, jika sudah selesai silakan klik Save/simpan. Maka ukuran gambar sudah berubah. Anda bisa mengeceknya di folder yang dikompresi.


Itulah cara mengkompres gambar secara bersama-sama dalam jumlah banyal. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment