Lebaran Tanpa Foto Keluarga

Jika ada yang tidak punya foto keluarga saat momen Idul Fitri atau lebaran, Anda tidak sendirian.


Momen Idul Fitri memiliki nuansa tersendiri. Seperti tercermin dalam ucapan, minal ‘aidin wal faizin, semoga kembali dan meraih kemenangan.


Foto Keluarga di Dapur Sawah

Ditambah tradisi mudik bagi masyarakat Indonesia, sehingga jutaan orang rela berjuang untuk pulang ke kampung halaman. Untuk bersilaturahmi, menyambung tali persaudaraan. Atau sekadar bertemu mantan.

Efek dari mudik ini, lahir tradisi reuni plus syawalan. Untuk urusan satu ini tampaknya saya termasuk golongan yang kurang beruntung. Sebab sejak jenjang TK sampai SLTA, teman sekelas tidak pernah mengadakan reuni. Otomotis tidak bisa bercerita seperti apa rasanya reuni.

Hanya bisa menyaksikan deretan foto yang berseliweran di media sosial. Menggambarkan keceriaan acara reuni dan syawalan. Tentu dengan perasaan bahagia, mungkin juga bangga. Apalagi bagi mereka yang alumni sekolah-sekolah favorit. Ini adalah momen yang tepat untuk kembali unjuk gigi.

Bagi Anda yang tidak punya foto keluarga dan reunian saat lebaran, Anda tidak sendirian.

Sebenarnya istri beberapa kali protes. "Pakne, kita itu tidak punya foto keluarga saat lebaran lho."

Dan saya tidak bisa memberikan jawaban apapun. Karena sebenarnya beberapa kali foto bersama, tanpa menunggu momen lebaran.

Berbangga dengan sesuatu yang dipunya merupakan hal yang lumrah. Berbangga dengan harta, nasab, sampai hal remeh seperti sekolah atau tempat kuliah.

Tetapi tidak usah khawatir, ada satu resep dari Rasulullah SAW. untuk menenangkan. “Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Muslim)

Ulama Hasan Al Basri juga berpesan, "Apabila engkau melihat seseorang mengunggulimu dalam masalah dunia, maka unggulilah dia dalam masalah akhirat.”

Sekarang Anda punya kesempatan, untuk menentukan keunggulan mana yang akan dipilih.

Tidak ada komentar untuk " Lebaran Tanpa Foto Keluarga"