Ternyata Ini Alasan Kenapa Koperasi Indonesia Penyokong Perekonomian Rakyat

Salah satu lembaga keuangan yang cukup familiar di masyarakat Indonesia selain bank adalah Koperasi. Koperasi sudah ada sejak tahun 1986 dan dikenalkan pertama kali oleh R. Aria Wiriatmadja di Purwokerto, Jawa Tengah. 


Koperasi bisa menjadi bentuk kerjasama terbaik (foto: pixabay.com)

Nama koperasi itu sendiri diambil dari 2 gabungan kata “Co” dan “Operation” yang mana co memiliki arti bersama sedangkan operation berarti bekerja. Sehingga koperasi diartikan dengan kerjasama. 


Banyak yang mengatakan bahwa koperasi Indonesia penyokong perekonomian rakyat. Hal ini benar adanya, karena koperasi melakukan kegiatan perekonomian bagi para anggotanya untuk kesejahteraan bersama.


Beberapa hal yang menjadi pembeda koperasi dengan badan usaha lainnya adalah pada prinsipnya. Koperasi memiliki beberapa prinsip dasar berikut ini:

 

  • Keanggotaan bersifat terbuka dan sukarela.
  • Proses pengelolaan kegiatan koperasi dilakukan secara demokratis.
  • Pemberian balas jasa untuk setiap anggota koperasi disesuaikan dengan modal anggota tersebut.
  • Terdapat SHU (Pembagian Sisa Hasil Usaha) dengan prinsip keadilan sesuai dengan kinerja dan tugas yang sudah dilakukan oleh setiap anggotanya.
  • Mengedepankan prinsip kemandirian.
  • Pendidikan perkoperasian.

 

Adapun alasan kenapa koperasi Indonesia penyokong perekonomian rakyat tidak lain karena beberapa hal berikut ini:

 

  1. Sebagai lembaga penyedia lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.
  2. Koperasi membantu dan mengembangkan potensi atau kemampuan dari anggota koperasi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  3. Koperasi sangat bagus sebagai lembaga yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.
  4. Membantu memperkokoh perekonomian rakyat, seperti pada pelaku UMKM.
  5. Membantu mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional.

 

Karena berbagai perannya inilah, tidak salah jika dikatakan koperasi Indonesia penyokong perekonomian rakyat. Di Indonesia, ada beberapa jenis koperasi berdasarkan tujuan dan bentuknya, yaitu ada Koperasi Produksi, Koperasi Konsumsi, dan Koperasi Simpan Pinjam. 


Masing-masing memiliki tujuan yang sedikit berbeda dalam pelaksanaannya. Bergabung dengan Koperasi bisa memberikan keuntungan dan manfaat sekaligus. Dimana memungkinkan untuk berpartisipasi sebagai pengurus Koperasi, mengatur kegiatan Koperasi, ikut memajukan perekonomian Indonesia, serta bisa mengembangkan potensi atau kemampuan yang dimiliki. [r]

 

Tidak ada komentar untuk "Ternyata Ini Alasan Kenapa Koperasi Indonesia Penyokong Perekonomian Rakyat"