Air dan Sedekah yang Mengalir

Pernah lihat iklan air minum dalam kemasan yang mengaku 'Kami melindungi sumber air.'? Sepintas memang benar, mereka melindungi mata air. Tepatnya melindungi untuk kepentingan dan keuntungan sebagian pihak.


Air menjadi kebutuhan penting bagi manusia


Di sisi lain, banyak masyarakat yang harusnya bisa memanfaatkan sumber air tersebut menjadi terganggu. 


Patutnya, air adalah milik umum dan tidak boleh diambilalih perseorangan atau swasta. Sayangnya regulasi yang ada memungkinkan untuk itu.


Maka dalam sebuah hadis disebutkan, Muslim berserikat dalam perkara. "Kaum Muslim berserikat dalam tiga perkara yaitu padang rumput, air, dan api". (HR. Abu Dawud dan Ahmad).


....


Persoalan air memang mendapat perhatian dalam Islam. Sebab air menjadi kebutuhan hidup manusia. Baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun dalam berbagai bidang, khususnya pertanian.


Baca Juga : 


Maka bersedekah air, atau membuatkan sumur pahalanya akan terus mengalir.

“Muslim mana saja yang memberi pakaian orang Islam lain yang tidak memiliki pakaian, niscaya Allah akan memberinya pakaian dari hijaunya surga. Muslim mana saja yang memberi makan orang Islam yang kelaparan, niscaya Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan di surga. Lalu muslim mana saja yang memberi minum orang yang kehausan, niscaya Allah akan memberinya minuman Ar-Rahiq Al-Makhtum (khamr yang dilak).” (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan lainnya)


Baca Juga : Cara Mencuci Jaket Kulit Agar Bersih dan Tetap Awet


Kita juga bisa bersedekah sumur atas nama orang yang sudah meninggal.

“Wahai Rasulullah, sungguh ibuku telah meninggal dunia, apakah boleh aku bersedekah atas namanya?” Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Iya, boleh.” Sa’ad bertanya lagi, “Lalu sedekah apa yang paling afdal?” Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Memberi minum air.” (HR. An-Nasai, Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan dilihat dari jalur lainnya).

Ingin pahala yang terus mengalir? Bergabunglah dengan berbagai proyek pengadaan sumur untuk masyarakat. 

Barat || 26 November 2021


Tidak ada komentar untuk " Air dan Sedekah yang Mengalir"