Rahasia Keseimbangan Pangan yang Mengagumkan

Sedih, ketika membaca 1,5 juta rakyat Kenya terancam kelaparan. Sedang di sini, sebagian orang dengan mudah membuang makanan percuma. Sementara di bagian dunia lainnya, ada negara dengan masalah utama berupa obesitas penduduknya. Lantas di mana cermin keadilan Tuhan?


Rumput Odot yang ditanam Tani Juara Farm sebagai sumber pakan Domba.


Sejak mula, Allah Subhanahu wa Ta'ala mewanti-wanti. Telah tampak kerusakan di muka bumi karena ulah manusia sendiri. Secara alamiah, Allah telah mengatur hujan sebagai pembawa keberkahan. Tidak sekadar penyubur tanah dan penumbuh tanaman. 


Tetapi kerakusan sebagian manusia membuat sebagian orang harus  menderita. Kita ambil contoh dari segi pemenuhan protein. Nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia. 


Mengutip penjelasan Pak Muhaimin Iqbal dalam The Mindset, ada tiga sumber protein hewani. Yakni berasal dari ikan, hewan berkaki dua dan hewan berkaki empat. 


Al Quran menyebutkan ketiganya dalam beragam ayat dengan urutan. Hewan berkaki empat 7 ayat, ikan 3 ayat dan unggas 1 ayat. Jika diprosentase secara keseluruhan maka urutannya 64%, 27% dan 9%.


Jika melihat dari prosentase tersebut, setidaknya sumber protein terbesar untuk memenuhi kebutuhan manusia berasal dari hewan berkaki empat (domba, kambing, sapi, unta, kerbau, dll.), lalu ikan. 


Mengapa demikian? Pak Iqbal memberikan tafsiran, karena sumber makanan hewan berkaki empat berbeda dengan manusia. Tidak saling berebut. Mereka makan dari rumput, atau padang rumput yang bisa didapatkan secara murah. 


Sedangkan unggas, sumber makanan berasal dari biji-bijian seperti padi, kedelai, jagung, kacang dan sejenisnya yang berpotensi berebut dengan manusia. 


Maka saya teringat, ketika kedelai langka di Indonesia adalah akibat stok kedelai terserap oleh China. Untuk pakan Babi. Mungkin Anda tidak percaya. 


Saya sempat bertanya, mengapa bukan ikan yang banyak disebutkan dan menjadi sumber utama protein? Tadi pagi baru terjawab ketika menonton Deutsche Welle (DW), ternyata lebih dari 50% kebutuhan ikan dunia dicukupi dari ikan yang dibudidayakan di darat. Bukan mengambil langsung dari laut.


Perikanan air tawar juga membutuhkan pakan, sebagian dari biji-bijian dan berpotensi rebutan dengan manusia.


Maka memang benar sekali apa yang telah dititahkan dalam Al Quran juga Hadits, Kambing dan Domba memiliki banyak keistimewaan. Sebagai sumber pangan yang menyehatkan dan penuh keberkahan.


Tani Juara Farm | 23 Oktober 2021


Tidak ada komentar untuk " Rahasia Keseimbangan Pangan yang Mengagumkan"