Lima Cara Menghilangkan Bekas Deodoran di Baju

Cara menghilangkan bekas deodoran di baju dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami maupun kimia. Penggunaan deodoran untuk menjaga aroma tubuh kini seolah telah menjadi bagian dari gaya hidup.


menghilangkan noda baju deodoran
pixabay.com

Deodoran sendiri telah dikenal sejak lama, bahkan pada zaman Mesir kuno dikatakan telah mengenal deodorant yang berasal wewangian yang umumnya dari bahan nabati dan dioleskan pada lipatan badan.

Cara kerja deodoran adalah membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan. beberapa deodorant  juga berfungsi menjadi antiperspirant sehingga mencegah keluarnya keringat. Meskipun tidak seratus persen cara ini berhasil. Efek dari penggunaan deodorant yang sering dikeluhkan adalah munculkan noda kuning pada baju.

Hingga kini para ahli masih mencari penyebab utama timbulkan noda kuning tersebut. Tetapi teori yang mungkin mendekati, noda tersebut akibat reaksi antiperspirant yang bersentuhan dengan keringat sehingga menyebabkan adanya noda.

Noda kuning tersebut terutama ada di bagian ketiak baju. Jika tidak segera dibersihkan noda tersebut akan semakin menebal dan terlihat jelas. Untuk itu Anda harus lekas membersihkannya. Beberapa cara yang bisa dilakukan dapat menggunakan bahan kimia maupun bahan alami:

  

Menghilangan Bekas Deodoran dengan Bahan Alami

Bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda deodorant antara lain:

Pertama, menggunakan bubuk soda kue. Bahan ini bisa didapatkan di toko penyedia bahan roti. Cara pengaplikasiannya, bubuk soda kue dicampur dengan air dengan perbandingan 3 bagian bubuk soda kue berbading 1 bagian air sehingga terbentuk adonan kental.

Adonan tersebut kemudian dioleskan pada bagian baju yang terkena noda dan biarkan selama beberapa jam agar meresap. Setelah itu bersihkan baju dengan disikat atau menggunakan mesin cuci dengan temperature tinggi. Metode ini cocok untuk noda yang sudah mongering.

 

Kedua, menggunakan cuka putih. Selain bubuk soda kue, kita juga bisa menghilangkan noda bekas deodorant dengan bahan dapur lainnya berupa cuka putih. Caranya cuka dicampur dengan air dengan proporsi yang sama. Gunakan air campuran tersebut untuk merendam atau menyemprotkan ke bagian yang bernoda. Perendaman kurang lebih satu jam, kemudian cuci pakaian hingga bersih.

 

Ketiga, air perasan jeruk lemon. Jika Anda tidak memiliki bubuk soda kue atau cuka putih, Anda bisa menggunakan air jeruk lemon. Campur perasan air jeruk lemon dengan air perbandingan 1:1, gunakan cairan untuk mengoleskan di bagian noda. Jemur di bawah sinar matahari sekitar satu jam kemudian cuci hingga bersih.

 

Keempat, menggunakan garam. Bahan ini relative mudah dijumpai karena biasa tersedia di dapur. Untuk menggunakan garam campur terlebih dahulu dengan air hangat. Agar lebih efektif campur juga dengan air perasan lemon atau cuka. Gunakan untuk merendam pakaian beberapa saat lalu bersihkan dengan deterjen seperti biasa.

 

Kelima, menggunakan alkohol. Ternyata alkohol bisa juga untuk membersihkan noda baju bekas deodorant. Cukup teteskan alkohol pada bagian baju yang terkena noda kuning. Biarkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas baju dengan air bersih dan deterjen.

 

Selain bahan-bahan alami seperti tersebut di atas. Aspirin juga bisa digunakan untuk membersihkan noda baju bekas deodoran. Anda bisa mencoba bahan-bahan tersebut di atas dan memilih mana yang paling cocok.

 

Apakah Noda Bekas Deodoran Bisa Dicegah?

Sebetulnya tidak semua orang cocok memakai deodoran. Karena itu Anda harus mengenali deodoran yang sesuai. Para ahli terus meneliti penyebab noda pada baju yang timbul akibat pemakaian deodorant. Cara paling jitu untuk mencegah timbulnya noda adalah dengan meminimalkan penggunaan deodorant jika memang tidak diperlukan. [r]

3 komentar untuk "Lima Cara Menghilangkan Bekas Deodoran di Baju "

Posting Komentar