Lima Cara Membuat Rambut Halus dan Indah

Rambut adalah mahkota. Keindahan rambut membuat penampilan terlihat lebih indah. Sayangnya tidak semua orang bisa memiliki rambut idaman yang halus dan sehat. Cara membuat rambut halus bisa dilakukan dengan berbagai cara. Baik dengan perawatan secara tradisional maupun secara modern.

Membuat rambut halus dan sehat
Rambut halus (pixabay.com)


Rambut mirip seperti pohon yang butuh nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Jika diberi pupuk dan dirawat dengan baik, maka pohon akan bisa mengalami pertumbuhan yang maksimal. Demikian juga rambut, untuk merawat agar rambut tetap sehat maka dibutuhkan nutrisi yang bersumber dari dalam tubuh manusia maupun nutrisi yang ditambahkan dari luar.


Mengenal Struktur Rambut

Meskipun bentuknya kecil tetapi rambut memiliki struktur yang lengkap. Terdiri dari akar rambut (folikel) yang tertanam dalam kulit kepala. Akar rambut terdiri dari bulp, papil rambut, melanosit, folikel, otot penegak dan matrix.

Sedangkan batang rambut terdiri dari cuticula yakni lapisan rambut yang berbentuk seperti sisik sebagai pelindung rambut, cortex adalah lapisan di bawah cuticula. Bagian batang rambut lainnya adalah medulla yang merupakan bagian di paling tengah dari batang rambut atau disebut juga sum-sum rambut.


Beberapa Sumber Nutrisi Rambut

Beberapa sumber nutrisi yang dipercaya bisa membantu membuat rambut halus dan sehat antara lain:

Minyak kelapa, dengan cara mengoleskan minyak kelapa setelah keramas. Oleskan secara tipis-tipis hingga merata. Minyak kelapa sudah lama dikenal mampu menghaluskan rambut.

Lidah Buaya, aplikasinya cukup mudah. Lidah buaya yang masih segar bisa dibelah dan daging daunnya diusapkan langsung ke rambut. Diamkan kurang lebih selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

Minyak Zaitun, minyak ini membantu kerusakan yang terjadi pada kutikula. Hanya saja karena Zaitun bisa membuat rambut berminyak. Penggunaan cukup dioleskan tipis-tipis dengan interval sepekan sekali.

Putih Telur, pemakaiannya dengan dicampur air hangat. Kemudian digunakan dengan cara dioleskan pada rambut sambil dipijit-pijit. Setelah selesai bilas rambut hingga bersih untuk menghilangkan bau telur.

Cara Menjaga Rambut Agar Halus

Perawatan diperlukan untuk membuat rambut halus dan tampak indah. Mulai dari pemilihan sampo atau kondisioner yang tepat, cara keramas yang benar hingga menghindari hal-hal yang bisa merusak rambut. 

Berikut beberapa cara menjaga agar rambut tetap halus, sehat dan indah yang akan menunjang penampilan Anda untuk tampi percaya diri.

1. Menghindari keramas yang terlalu sering. Menjaga kebersihan rambut memang penting, di antaranya dengan melakukan keramas. Tetapi keramas yang dilakukan terlalu sering justru bisa membuat rambut kering dan rusak.

Maka lakukan keramas jika memang rambut dirasa memang sudah kotor dan pilih sampo yang sesuai.

2. Memilih sampo yang tepat. Banyak merk sampo yang beredar di pasaran dengan klaim keunggulan masing-masing. Untuk bisa memilih sampo yang cocok perlu memperhatikan tekstur rambut, jenis kulit kepala yang berbeda pada setiap orang. Lihat juga kadar deterjen pada sampo, pilih yang tidak berlebihan.

3. Menggunakan Condisioner. Condisioner bisa membantu menghaluskan rambut. Tetapi perlu cermat memilih jenis condisioner yang tepat.

4. Membilas dengan air dingin. Ketika keramas, usahakan menggunakan air dingin. Karena air dingin cenderung lebih tuntas untuk membersihkan sampo atau condisioner yang melekat pada rambut. Selain itu air dingin bisa tetap menjaga kelembaban rambut.

5. Meminimalkan penggunaan alat penata rambut. Alat-alat seperti hair dryer, blow dryer, catokan yang lainnya dapat merusak rambut. Suhu panas yang dihasilkan dari alat-alat tersebut bisa membuat rambut rusak.

Dengan melakukan beberapa hal tersebut, bisa membantu Anda memiliki rambut yang sehat dan lembut. [e]



Tidak ada komentar untuk "Lima Cara Membuat Rambut Halus dan Indah"