Cara Menebalkan Rambut dengan Bahan Alami

Memiliki rambut yang sehat, hitam dan tebal menjadi impian banyak orang. Tidak sedikit melakukan cara menebalkan rambut dengan berbagai metode. Dari penggunaan bahan-bahan alami hingga menggunakan bahan kimia. Rambut merupakan mahkota bagi seseorang yang mendukung bisa berpenampilan menarik. Sehingga perlu melakukan perawatan untuk menjaga agar rambut dalam kondisi sehat dan tidak rontok.

cara menebalkan rambut
pixabay.com

Perawatan rambut bisa dilakukan di rumah sehingga tidak selalu harus ke salon atau tempat perawatan khusus rambut. Memanfaatkan bahan-bahan alami yang gampang ditemukan sehari-hari. Berikut beberapa bahan yang dipercaya mampu membantu rambut agar tetap sehat dan tampil menarik.

  1. Lidah Buaya (aloevera), tanaman ini biasa ditanam juga untuk tanaman hias. Enzim proteolitik yang terkandung dalam lidah buaya dipercaya mampu merangsang rambut tumbuh lebih cepat dan hitam. Selain itu juga membantu pergantian sel-sel yang telah mati pada kulit kepala. Cara penggunaannya cukup mudah, dengan membelah daun lidah buaya, kemudian gel yang terdapat di dalamnya dioleskan secara merata pada kepala. Diamkan beberapa waktu, kemudian bilas dengan sampo.
  2. Minyak Zaitun (olive oil), vitamin E, vitamin K dan asam lemak dalam minyak zaitun berguna menyehatkan dan menjaga kelembapan rambut. Selain itu minyak zaitun juga mengandung asam oleat, palmiat dan squalene yang berfungsi melembutkan rambut. Cara penggunaannya dengan menuangkan minyak zaitun ke telapak tangan secukupnya, kemudian usapkan secara merata ke rambut. Lakukan pemijatan agar minyak bisa terserap. Biarkan beberapa waktu, sebagian ahli menyarankan membiarkan semalaman hingga pagi kemudian cuci rambut hingga bersih.
  3. Air Lemon, vitamin C, kalsium dan asam sitrat dalam lemon dapat merangsang agar rambut tumbuh tebal dan hitam. Vitamin C berguna membantu folikel rambut tumbuh lebih kuat agar rambut tidak mudah rontok. Lemon juga diyakini bisa menjadi antijamur dan mencegah munculnya ketombe. Untuk merawat rambut dengan Lemon, dengan cara mencampur air perasan lemon dan air kelapa. Ratakan ke rambut secara merata sembari dilakukan pemijatan dengan jari-jari agar air lemon meresap. Setelah kurang lebih 20 menit, bilas rambut hingga bersih.
  4. Telur, kandungan protein yang ada pada telur membantu rambut mencukupi nutrisi yang dibutuhkan. Jika perawatan dengan telur dilakukan secara rutin rambut bisa tumbuh tebal dan sehat. Cara pengaplikasiannya, kocok dua butir telur kemudian oleskan ke rambut. Diamkan selama sekitar 30 menit kemudian bilas rambut dengan air hangat sampai bersih.
  5. Bawang merah, meskipun mempunyai aroma yang menyengat ternyata bawang merah berkhasiat bagus untuk menyehatkan rambut. Cara penggunaannya dengan menghaluskan bawang merah untuk diambil sarinya. Oleskan pada rambut kepala secara merata, biarkan selama 15 menit kemudian dibilas. Pada beberapa jenis kulit sensitif mungkin akan menyebabkan perih, jika terjadi demikian segera bilas dengan air bersih.


Melakukan Perawatan Rambut dengan Benar

Rambut tebal bisa dirangsang dengan memberikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan rambut. Tetapi ada beberapa hal penting yang harus dilakukan agar rambut tidak rontok atau rusak. Seperti dengan mengatur pola makan dengan baik, memperbanyak minum air putih serta melakukan perawatan secara benar. Asupan protein bisa diperoleh dari daging, ikan, telur atau kedelai. Sedangkan untuk memenuhi asam amino yang mendukung produksi keratin bisa diperoleh dari biji-bijian, kacang-kacangan atau gandum.


Sedangkan beberapa yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan rambut antara lain dengan memilih jenis sampo yang tepat. Produk sampo berbahan kimia akan merusak folikel dan membuat rambut menjadi kering. Hindari pula pencucian rambut yang terlalu sering. Idealnya keramasa cukup dilakukan 2-3 hari sekali, karena keseringan mencuci rambut akan membuat rambut justru rapuh.


Kebiasaan mengeringkan rambut dengan menggosok menggunakan handuk bisa membuat rambut rontok. Begitu pula penggunaan hair dryer, pelurus dan pengeriting rambut. Jika terpaksa harus menggunakan alat-alat tersebut sebaiknya tidak terlalu sering.


Dengan memberikan nutrisi rambut yang cukup, mengkonsumsi asupan gizi yang memadai serta merawat rambut dengan benar akan membantu rambut tumbuh sehat dan tebal. Jika terdapat masalah pada rambut yang memerlukan perawatan intens, sebaiknya melakukan konsultasi ke ahli yang memang berpengalaman. [e]


Tidak ada komentar untuk " Cara Menebalkan Rambut dengan Bahan Alami"