Manfaat Penting Pemanasan Olahraga Untuk Tingkatkan Performa

Melakukan pemanasan sebelum berolahraga penting untuk dilakukan agar kondisi tubuh siap dan menghindari cidera. Olahraga merupakan aktivitas fisik yang berat, sehingga diperlukan masa transisi dari kondisi badan yang sebelumnya dalam kondisi istirahat. Dengan pemanasan yang tepat, akan membuat tubuh menjadi lebih siap.

pemanasan olahraga
pemanasan olahraga (pixabay.com)

Meskipun demikian, pemanasan olahraga tidak boleh dilakukan sembarangan. Umumnya pemanasan dilakukan 5-10 menit sebelum olahraga dimulai. Sehingga secara perlahan detak jantung, sirkulasi darah dan suhu tubuh akan mengalami kenaikan secara perlahan. 

Manfaat Pemanasan Olah Raga

Terdapat sejumlah manfaat melakukan pemanasan sebelum berolahraga, antara lain :

  1. Meningkatkan aliran darah. Dengan melakukan pemanasan aliran darah ke otot akan mengalami peningkatan sehingga bisa mengurangi rasa nyeri pada otot sekaligus mempercepat pemulihan fungsi otot setelah selesai berolahraga.
  2. Menperlancar gerak sendi. Persendian merupakan area bertemunya di antara dua tulang. Misal seperti di lutut, siku, pergelangan tangan, pergelangan kaki, bahu, dan sebagainya. Pemanasan akan meningkatkan aliran darah ke persendian sekaligus melemaskan gerakan sendi. 
  3. Mengurangi risiko cidera. Elastisitas otot akan bertambah ketika melakukan pemanasan agar otot lebih siap untuk menjalankan aktivitas fisik yang lebih berat. Kemungkinan cidera otot pun bisa diminimalkan.
  4. Menghindari sakit pinggang. Dalam kondisi otot yang tegang, di antara efeknya adalah menyebabkan sakit pada pinggang. Dengan pemanasan kondisi ini bisa dicegah.
  5. Mencapai performa terbaik. Melakukan warming up, sebelum berolahraga akan membuat tubuh beradaptasi untuk melakukan gerakan atau aktivitas yang lebih berat. Kondisi ini memungkinkan tubuh mencapai kemampuan puncak pada saat olah raga dijalankan.

Melakukan Pemanasan Olah Raga dengan Benar

Melakukan pemanasan olah raga tidak boleh hanya dilakukan sekadarnya. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pemanasan harus dilakukan dengan baik dan benar. Waktu pelaksanaan yang disarankan adalah dalam rentan 5-10 menit sebelum berolahraga.

Gerakan yang dilakukan dengan intensitas dari yang sederhana ke tingkat yang bertingkat lebih sulit. Dengan gerakan semacam ini, maka aliran darah, aliran oksigen, detak jantung dan suhu tubuh akan mengalami kenaikan secara perlahan. Menyiapkan kondisi tubuh yang sebelumnya dalam kondisi istirahat untuk siap melakukan aktivitas olah raga.


Beberapa Jenis Pemanasan Olah Raga

Gerakan pemanasan umumnya dibagi ke dalam dua jenis yakni statis dan dinamis. Peregangan statis dilakukan dengan gerakan statis yang diulang-ulang seperti menekuk siku ke kanan atau ke kiri dan menahannya untuk beberapa saat. Sedangkan peregangan dinamis berupa gerakan seperti menggerakkan kaki ke depan dan ke belakang, ke kanan dan ke kiri dengan beberapa hitungan.

Sebagian ahli mengungkapkan peregangan dinamis lebih memiliki dampak positif. Berikut adalah jenis pemanasan olah raga yang bisa dilakukan.

  1. Berjalan Kaki. Merupakan pemanasan yang mudah untuk dilakukan tetapi cukup efektif dalam mencegah terjadinya nyeri otot. Aktivitas ini bisa dilakukan dalam durasi 20-30 menit sebelum olah raga inti. Pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman untuk menghindari cidera pada kaki.
  2. Berlari di tempat. Dapat dilakukan dalam durasi lima menit. Berlari di tempat berguna memperlancar peredaran darah dan mengurangi risiko nyeri otot. Lari di tempat bisa dilakukan dalam durasi 3-5 menit.
  3. Peregangan ringan. Peregangan (stretching) berfungsi membuat tubuh lebih lentur. Peregangan bisa dilakukan selama 15 menit. 
  4. Melompat. Melompat (jumping) juga bisa menjadi pilihan gerakan untuk pemanasan. Jika dibarengi dengan gerakan membuka dan menutup tangan (jumping jack) maka akan mampu menggerakkan sebagian besar anggota tubuh. Gerakan ini bisa dilakukan selama 3-5 menit, sebelum aktivitas olah raga dimulai. 
  5. Squat. Squat dapat dilakukan tanpa beban. Berguna menguatkan otot panggul, paha, betis serta telapak kaki. Squat bisa dilakukan selama 3-5 menit.

Dengan melakukan pemanasan yang cukup akan membuat olah raga yang dilakukan bisa maksimal dan yang terpenting bisa terhindarkan dari cidera yang mungkin timbul. Ada baiknya juga untuk sering melakukan konsultasi dengan dokter atau para ahli di bidang ini. [r]


Tidak ada komentar untuk " Manfaat Penting Pemanasan Olahraga Untuk Tingkatkan Performa"