Membuat Scriptline untuk Iklan Layanan Zakat di TVRI

Membuat scriptline untuk iklan layanan zakat diTVRI. Ramadhan tahun 2019 atau 1440 Hijriyah, kantor ada anggaran untuk iklan layanan masyarakat berkaitan dengan zakat. Kisarannya cukup lumayan, sekitar Rp50 juta. Untuk menjangkau masyarakat lebih luas, dipilih dua media iklan yakni Baliho dan TV.



Iklan Baliho diserahkan ke pihak advertising agar garapan lebih profesional. Sedangkan untuk iklan TV, saya diminta untuk membuatkan scriptline iklan tersebut. Setelah mendengarkan pesan-pesan yang ingin disampaikan, akhirnya saya mencoba nulis draft kasarnya. Dan hasilnya seperti ini.

Script Iklan Zakat
(30”)

Assalamu’alaykum wa rahmatullahi wa barakatuh

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi kaum muslimin semuanya.
Alhamdulillah kita masih menemui Ramadan tahun ini. Ramadan merupakan kesempatan emas bagi setiap muslim untuk meraih amalan-amalan terbaik. Sebab di bulan ini, pintu-pintu beramal saleh terbuka lebar.

Kementerian Agama, sebagai institusi yang memiliki visi "Terwujudnya Masyarakat Indonesia yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, dan Sejahtera Lahir Batin dalam rangka Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong"

Terus berusaha membumikan visi tersebut dengan beragam ikhtiar. Visi sejahtera lahir batin, di antaranya berusaha diwujudkan dengan Meningkatkan pemanfaatan dan kualitas pengelolaan potensi ekonomi keagamaan. Dalam hal ini khususnya terkait dengan pengelolaan zakat. Menurut data Kementerian Agama, untuk tahun lalu potensi zakat di Indonesia mencapai 217 Triliun. Sebuah angka yang fantastis, dan akan sangat berdampak luas bagi kesejahteraan masyarakat bila bisa terealisasi dan dikelola dengan baik.

Untuk itu mari, kami mengajak salurkan zakat melalui Baznas, atau Lembaga Amil Zakat yang sudah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Agama. Karena kita percaya zakat harus dikelola oleh lembaga yang kompeten dengan manajemen tertata. Agar manfaat zakat tepat sasaran dan berdaya guna.

Dengan membayar zakat, Anda bukan hanya telah membersihkan harta yang Anda miliki, melainkan turut memberdayakan masyarakat serta menjadi jalan menggapai ketenteraman jiwa.

Allah berfirman dalam Surat At Taubah ayat 103
خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ


Artinya : Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Semoga Allah memberkahi setiap harta yang kita miliki.
Wassalamu’alaykum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Donwload Contoh Draft Scriptline Iklan Zakat

Kemudian diubah oleh pihak TVRI menjadi:

NASKAH

NO
VIDEO
AUDIO
 DUR
01.





02.







03.




04.



05.








06.






07.



MCU :
Statement
KaKanwil Kementrian Agama Propinsi DIY

Visualisasi :
-Kant Kanwil  secara umum
-Tata kelola Zakat
-Penyaluran Zakat ke Baznas


Visualisasi :
-Data2
-Program2 Zakat


Visualisasi
-Foto2 pembagian Zakat

Animasi








MCU :
Statement
KaKanwil Kementrian Agama Propinsi DIY


Logo dan Tittling
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Muslimin dan Muslimat Rahimakumullah..
Alhamdulillah tahun inikita masih menemui Bulan Suci Ramadhan yang merupakan kesempatan emas untuk kita meraih amalan-amalan terbaik.

Dalam rangka “Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong"Kementerian Agama, terus berusaha membumikan visitersebut demi terwujudnya Masyarakat Indonesia yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, dan Sejahtera Lahir Batin, dengan beragam ikhtiar. Di antaranya Meningkatkan pemanfaatan, dan kualitas pengelolaan potensi ekonomi keagamaan. Khususnya yang terkait dengan pengelolaan zakat.

Potensi zakat di Indonesia tahun lalu mencapai 217 Triliun. Sebuah angka yang fantastis, dan akan sangat berdampak luas bagi kesejahteraan masyarakat bila dikeloladengan manajemen yang tertatadan oleh lembaga yang berkompeten.

Membayar zakat, bukan hanya untuk membersihkan harta yang Anda miliki, melainkan turut serta memberdayakan masyarakat sekaligus jalan untuk menggapai ketenteraman jiwa.

Surat At Taubah ayat 103

خُذْمِنْأَمْوَالِهِمْصَدَقَةًتُطَهِّرُهُمْوَتُزَكِّيهِمْبِهَاوَصَلِّعَلَيْهِمْۖإِنَّصَلَاتَكَسَكَنٌلَهُمْۗوَاللَّهُسَمِيعٌعَلِيمٌ


Artinya : Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Mari, salurkan zakat anda melalui Baznas, atau Lembaga Amil Zakat resmi lainnya yang sudah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Agama. Semoga Allah memberkahi setiap harta yang kita miliki.
Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Pesan ini disampaikan Oleh :
Kanwil Kementerian Agama Peopinsi DIY.
30”

























Download Scriptline dari Stasiun TVRI

Selanjutnya pengambilan gambar di Kantor dan Baznas berlangsung selaman setengah hari.




Dan hasil video iklannya seperti berikut ini:


Tidak ada komentar untuk "Membuat Scriptline untuk Iklan Layanan Zakat di TVRI"