Madrasah Perempuan di New Delhi India

Mareike Winkelmann meneliti tentang madrasah untuk perempuan di New Delhi India. Selama ini banyak literature yang mengulas madrasah untuk laki-laki. Ada sebagian meneliti madrasah perempuan namun berfokus pada madrasah yang mengadopsi gaya pengajaran tradisional. Siswa belajar di rumah dengan seorang guru, penekanan pembelajaran kepada adab, dan tidak mempelajari ilmu umum.



Dengan meneliti Jamiat Al Niswan, Mareike Winkelmann berusaha mengungkap bahwa madrasah selain mengajarkan adab juga mengajarkan ilmu umum, perempuan diberi hak untuk berbicara dan mengakses budaya barat meski terbatas serti setelah lulus bisa terjun ke ranah professional.

Berikut review bebas dari, hasil penelitian Mareike Winkelmann.

      A.  Pendahuluan
     
     Penelitian yang di lakukan oleh Mareike Winkelman adalah penelitian terkait keberadaan perempuan di dalam madrasah maupun di luar madrasah. Melalui penelitian yang ada ini akan menjadi jawaban atas pertanyaan bagaimana keberadaan perempuan di tinjau dari dalam madrasah dan di luar madrasah. Selain itu dapat menjawab problem-problem yang kemudian menjadi hambatan atau tantangan bagi perempuan islam dan terlebih lagi bagi madrasah yang menampung perempuan dalam mengajarkan Pendidikan islam dimana penduduknya lebih didominasi agama Hindu.
     
     B.  Gambaran umum
  
   Penelitian ini di lakukan di New Delhi India. Dilakukan di salah satu madrasah yang mengampu perempuan-perempuan islam yang berada di India dan sekitarnya. Nama madrasah tersebut ialah jami’at al-Niswan yang didirikan tahun 1996. Madrasa ini berada di bawah perlinduangan Nadwat Al-Ulama di Lucknow (salah satu kota yang berada di India, kota yang dikenal sebagai kota toleransi, dimana umat Hindu dan Muslim menjalani hidup dengan harmonis). Dalam penelitian tersebut terdapat 180 siswa yang memiliki usia rata-rata 12-17 tahun masih tergolong remaja awal, dan semuannya berada di  madrasah tersebut.

Terdapat beberapa poin penting yang menjadi dasar dari penelitian ini antara lain :
1.     Transmisi pengetahuan islam pada anak-anak perempuan madrasah.
2.     Kurikulum informal.
3.     Peran jemaat tabligh dalam pelaksanaan sehari-hari di madrasah.

C.  Metode pembelajaran

Penting dicatat perjalanan para pria juga sebagai strategi rekrutmen Jamiªat al-Niswan. Pendiri dan manajer secara teratur melakukan perjalanan ke seluruh negeri untuk mengumpulkan dana untuk madrasah. Banyak siswa dari tempat-tempat di luar Delhi mendengar tentang Jamiªat al-Niswan dari para pengelana yang terkait dengan madrasah ini. Selain merekrut siswa baru - yang dalam kasus Jamiªat al-Niswan. Gadis-gadis dari keluarga inti yang terkait dengan Jamiªat al-Niswan menikahi anak laki-laki yang orang tuanya menetap di luar India, di Arab Saudi dan Afrika Selatan, misalnya.

Baik Jamaat Tabligh dan Jamiªat al-Niswan mewakili institusi yang sangat berbeda dari yang ada di sekitarnya. Sebagai contoh, mereka berbeda dalam inversi peran gender mereka (sementara dan terbatas). Dalam pengabaian mereka atas kemewahan yang terkait dengan ritual rumah tangga seperti pernikahan.

Berkenaan dengan inversi peran gender, perlu dicatat bahwa dalam Jamiªat al-Niswan adalah laki-laki yang menyiapkan makanan untuk siswa dan guru, sementara yang terakhir pada gilirannya harus mengurus pekerjaan laki-laki yang biasanya membersihkan sekolah. Bangunan serta pencucian, karena laki-laki tidak diizinkan memasuki gedung sekolah. Beberapa pengamat telah menyarankan bahwa bentuk-bentuk inversi peran gender (terbatas dan sementara) ini adalah tipikal dari Jamaat Tabligh juga, karena orang-orang yang 'bepergian di jalan Tuhan' dibiarkan menggunakan alat mereka sendiri dalam hal menjaga kebutuhan sehari-hari mereka selama perjalanan mereka.

D.  Materi Ajar

Meskipun pelajaran dalam adab atau 'pendidikan moral' hanya mengambil porsi yang relatif kecil dari jadwal, yaitu delapan jam seminggu, pengamatan mengonfirmasi bahwa adab meresapi urusan sehari-hari dan suasana keseluruhan Jamiªat al-Niswan. Selain itu, memperkenalkan dan merawat siswa dengan aturan yang ditetapkan oleh pemahaman masyarakat tentang adab tampaknya sangat penting ketika datang ke tujuan eksplisit madrasah untuk mewujudkan 'islah (reformasi) akhlaq (moralitas) dan ªamal (tindakan), seperti yang dikatakan brosur madrasah. Akhirnya, makalah penerimaan juga menyatakan bahwa 'siswa harus sepenuhnya menghormati para guru, pendiri, dan ulama di belakang Jamiªa'. Pertanyaannya adalah bagaimana tujuan ini dapat ditetapkan dan dipraktikkan.

Pelajaran pertama yang siswa pelajari tentang adab adalah bahwa mereka harus menunjukkan rasa hormat kepada guru mereka. Salah satu buku yang digunakan untuk kelas adab, berjudul Qira'at ur-Rashida, memuat kisah-kisah tentang kehidupan Nabi, para sahabatnya, dan para khalifah pertama. Kisah-kisahnya berhubungan dengan etika sosial, dan mengajarkan pembaca cara makan dan minum dengan benar, bagaimana menghadiri dan mengatur pernikahan, atau bagaimana menjalankan rumah tangga dengan pandangan untuk menyenangkan Allah.

Meskipun para gadis mengetahui bahwa, menurut Islam, mereka memiliki hak untuk memperoleh pengetahuan dan bahwa mereka juga memiliki hak, misalnya, untuk mengabaikan tugas-tugas rumah tangga tertentu yang dianggap 'tidak Islami', seperti persiapan ekstensif untuk pernikahan mewah, tingkat baru penegasan diri terhadap para remaja putri terpelajar ini juga memiliki potensi untuk menciptakan ketegangan di bidang domestik.

Berkenaan dengan kurikulum madrasah, kurikulum resmi tidak mengungkapkan bahwa dalam banyak kasus, buku-buku yang disebutkan tidak dipelajari sepenuhnya. Sebagai contoh, saya mengamati bahwa dalam kasus Hidaya, teks standar tentang yurisprudensi Hanafi, bab-bab yang diwajibkan untuk dipelajari oleh para gadis menunjukkan bahwa kurikulum ambisius sering dipersempit agar sesuai dengan batasan kursus lima tahun (seperti bertentangan dengan enam belas yang asli dan kemudian delapan tahun belajar untuk anak laki-laki).

Lebih penting lagi, perubahan-perubahan ini tampaknya telah dibuat dengan tujuan memperkuat tujuan pendidikan madrasah. Dengan kata lain, pendiri dan administrator Jamiªat al-Niswan menetapkan kurikulum, sehingga cita-cita pendidikan mereka yang mendasar menentukan apa yang akan menjadi fokus studi bagi para gadis. Akibatnya, pada saat mereka lulus mereka hanya dapat secara sah mengklaim mendapat informasi dalam hukum Hanafi dalam mata pelajaran yang berkaitan dengan perempuan, seperti pernikahan, perceraian, warisan, dan hak asuh anak, atau mata pelajaran yang dianggap layak untuk dipelajari dalam tempat pertama.

Secara keseluruhan, kurikulum tampak ambisius untuk kursus lima tahun. Dibandingkan dengan daftar kurikulum standar madrasah Malik menurut dars-i nizami, Malik juga menunjukkan bahwa banyak karya yang ditinggalkan (terutama yang berkaitan dengan fiqh, usul al-fiqh, logika, filsafat, ilmu matematika, astronomi, dan retorika).


E.  Peserta didik

Berdasarkan penelitian lapangan etnografis di madrasah perempuan di New Delhi, yang menampung sekitar 180 siswa berusia antara dua belas dan tujuh belas tahun. Madrasah yang selanjutnya akan saya sebut Jamiªat al-Niswan didirikan pada tahun 1996 di bawah perlindungan Nadwat al-Ulama di Lucknow dan merekrut siswa dari Delhi dan kota-kota lain serta desa-desa dari seluruh India.

Hubungan antara Jami’at al -Niswan dan Jama'at Tabligh secara resmi dimulai melalui madrasah Nadwat al-Ulama di Lucknow, ketika para pendiri madrasah anak perempuan mengadopsi kurikulumnya dengan penekanan kuat pada bahasa Arab. Selain itu, para pendiri laki-laki dari madrasah dan para anggota laki-laki dari keluarga inti aktif dalam gerakan pengkhotbah awam yang dikenal sebagai Jemaat Tabligh.

F. Kesimpulan

Ide reformis Muslim pada akhir abad ke-19 memengaruhi pendirian sekolah umum untuk perempuan Muslim. Sebelumnya pendidikan untuk perempuan khususnya dalam bidang agama menjadi urusan pribadi, tetapi akhirnya menjadi wacana publik, yang membentuk hubungan antara ranah domestik dan publik.

Hubungan antara Jami’at al -Niswan dan Jama'at Tabligh secara resmi dimulai melalui madrasah Nadwat al-Ulama di Lucknow, ketika para pendiri madrasah anak perempuan mengadopsi kurikulumnya dengan penekanan kuat pada bahasa Arab. Selain itu, para pendiri laki-laki dari madrasah dan para anggota laki-laki dari keluarga inti aktif dalam gerakan pengkhotbah awam yang dikenal sebagai Jemaat Tabligh.

Mengapa madrasah untuk anak perempuan didirikan pada awal 1950-an. Pertama, para pelindung pendidikan sebelumnya telah pergi; dan kedua, minoritas Muslim di India harus menemukan cara-cara baru untuk melestarikan warisan Islam mereka dan di sini wanita memainkan peran penting.

-------
Untuk mata kuliah disusun untuk tugas mata kuliah Kajian Teks Arab dan Inggris

Tidak ada komentar untuk "Madrasah Perempuan di New Delhi India"