Friday, March 1, 2019

Belajar Ngeblog di Kampung Blogger Magelang


Pernah dengan Kampung Blogger? Kisahnya pernah beberapa kali diangkat menjadi berita di televisi nasional. Keberhasilan kampung ini dalam memanfaatkan internet dan melakukan bisnis secara online telah menginspirasi banyak orang.

Satu di antara tokoh yang turut membesarkan Kampung Blogger ialah Sumbodo Malik. Atas kerja kerasnya, ia diganjar banyak penghargaan. Kini  Kampung Blogger yang terletak di Menowo Kota Magelang terus mengembangkan sayap usaha. Satu di antaranya ialah mengelola Skylight Plaza yang terletak di JalanTentara Pelajar Magelang, tidak jauh dari alun-alun Kota Magelang.



Menurut Mas Tomo, seorang di antara pengelola, Skylight Plaza ini akan disulap menjadi Pasar Seni. Saat ini memang telah buka beberapa gerai semisal Galeri Batik Soemirah, Asto Kriyo Souvenir dan Craft, serta penyedia aksesoris lainnya. Selain itu terdapat warung kuliner mulai Bakso, Sego Pecel, Bakmi dan makanan lainnya.



Dan tentu saja, satu di antaranya merupakan tempat kita bisa belajar Ngeblog. Sehingga kita bisa belajar di sini, sebagai alternatif selain datang langsung ke Menowo.

Belajarlah Pada Ahlinya

Di era ini, untuk belajar pada ahlinya memang tidak begitu sulit. Karena beragam guru, suhu dan master tersedia di jagad maya. Bahkan ahlinya-ahli, intinya-inti, core of the core juga adadi Youtube.

Tidak sedikit orang yang kemudian belajar secara otodidak dan berhasil. Sedangkan saya masih termasuk aliran yang menjadikan kesungguhan usaha sebagai bagian dari keberhasilan. Misalkan kita ingin belajar menjadi blogger. Tutorial di internet tentu banyak dan beragam. Bahkan panduan dalam bentuk e-book juga tersedia secara gratis.

Meski begitu, saya tetep seneng dan butuh guru secara nyata, bukan hanya virtual. Satu di antaranya dengan belajar langsung ke Kampung Blogger Magelang. Memanfaatkan di sela hari kerja. Sehingga mengambil waktu di akhir pekan. Nglaju dari Yogyakarta ke Magelang. Lumayan, dengan sepeda motor perjalanan memakan waktu sekitar satu jam.

Pertemuan pertama, ngobrol banyak seputar dunia online. Dan tampaknya cukup nyambung sebab fokus pada pengembangan blog untuk adsense. Sehingga sesuai dengan yang ingin saya pelajari. Beberapa tahun lalu pernah pula belajar ke teman, tetapi lebih memilih admob, dan saya tidak begitu mampu mengikutinya. Kurang sesuai hobby dan passion saya untuk beraktualisasi.

Di Kampung Blogger cukup unik. Sebab langsung diajari untuk membuat blog dengan konten Bahasa Inggris. Sesuatu yang tidak mudah, tapi bagi saya cukup menantang. Di sinilah beberapa waktu ke depan, insyaAllah saya akan belajar dan mengembangkan diri menjadi Blogger.

Sampai jumpa di cerita berikutnya.


Sebelumnya
Berikutnya

Penulis:

0 comments: