Tuesday, January 22, 2019

Belajar Membuat Presentasi Power Point yang Menarik


Belajar Membuat Presentasi Power Point yang Menarik. Memiliki gagasan tapi kesulitan dalam mempresentasikan, bisa jadi menimbulkan masalah. Pintar mempresentasikan tetapi tidak memiliki gagasan, juga bermasalah. Lalu, apakah paling aman, tidak memiliki gagasan dan tidak pandai mempresentasikannya? Semoga saja tidak demikian.



Sering di beberapa acara melihat narasumber menyampaikan gagasan dan pemikirannya dibantu dengan slide powerpoint. Software bawaan dari MS Office ini memang cukup handal. Tinggal bagaimana memaksimalkannya. Sehingga tampilan slide yang dibuat mampu mendukung pemaparan presentasi, bukan sebaliknya.

Bagaimana membuat presesntasi yang menarik? Situs presentasi.net menuliskan delapan di antaranya:

1.  Tampil beda. Desain template yang Anda pilih memiliki peran penting untuk menghadirkan kesan ‘berbeda’. Jika Anda menggunakan template yang biasa digunakan orang lain, maka audiens tidak menemukan keunikan. Template yang unik bisa dicari dan download melalui internet, atau bisa membeli di penyedia template.

2.       Warna Terpilih. Kesan unik dan menarik juga bisa dirangsang melalui pilihan warna. Beragam warna bisa digunakan, dengan mempertimbangkan proporsionalitas sehingga tidak mengesankan monoton.

3.    Font Unik. Gunakan jenis huruf atau font yang unik. Beragam font gratis bisa diunduh melalui internet. Hanya saja, pertimbangkan ketika harus menggunakan perangkat lain saat presentasi. Karena jenis huruf belum tentu tersedia di PC/laptop lain, sehingga mungkin saja justru akan berantakan saat dibuka.

4.    Kurangi Teks. Penggunaan teks yang panjang dan memenuhi slide mengurangi ketertarikan orang. Selayaknya, yang ditampilkan adalah gagasan utama saja, karena slide presentasi bukanlah berisi buku catatan yang harus dibaca kata demi kata.

5.      Huruf Kapital. Penggunaan huruf kapital mengesankan sesuatu yang penting dan mengundang penasaran audiens.

6.       Sesuaikan Gambar. Ilustrasi bukan saja harus unik dan menarik, tetapi juga mesti sesuai. Sehingga tidak perlu memaksakan memasang berbagai animasi dalam slide yang tidak sesuai antara konten dengan ilustrasi pendukung.

7.      Infografis. Manusia memiliki ketertarikan secara visual, sehingga infografis menjadi sesuatu yang memudahkan untuk memahami sebuah persoalan.

8.       Presentasi Menginspirasi. Ini adalah gabungan antara isi dan tampilan presentasi, sehingga konten yang ingin Anda sampaikan pun pastikan terlebih dahulu memang layak.


Semoga bermanfaat.





Sebelumnya
Berikutnya

Penulis:

0 comments: