Monday, January 1, 2018

Cara Memamasang Tombol Subcribe Youtube di Blog


Sebuah prediksi yang mengatakan Youtube akan mampu mengalahkan televisi tampaknya mulai terbukti. Saat ini tidak sedikit orang yang lebih suka melihat siaran ulang di Youtube ketimbang melihat langsung acara di TV. Belum lagi Youtube terbukti mampu melahirkan artis-artis versi Youtube yang kemudian juga diterima sebagai selebritas televisi.

Nah kali ini saya akan menuliskan bagamaimana memasang tombol subcribe Youtube ke dalam blog atau web. Ini tentu akan berguna bagi Anda para Youtuber yang juga mengelola web/blog. Atau bisa juga menyewa blog orang lain untuk dipasani tombol subcribe Anda, dengan harapan subcriber Anda akan terus bertambah dengan lebih cepat.

Saya tuliskan tutorial ini, sebab saya baru saja memasangkan tombol subcribe Youtube ke satu blog yang saya kelola, jadi sekalian berbagi di sini. Seperti pepatah mengatakan, sekali memainakn keyboard dua tiga blog terpostingi J

Langkah memasang tombol subcribe di blog sebagai berikut:
1.    Masuk ke website developer google (https://developers.google.com)
(akan lebih mudah lagi, jika Anda masuk ke akun Gmail sesuai dengan Channel Youtube yang akan Anda buat tombol Subcribe-nya)
2.    Pada menu bagian atas pilih Product Index, maka akan tersaji rerupa produk milih Google, diurutkan sesuai abjad, karena yang akan kita cari adalah Youtube silakan langsung klik huruf ‘Y’ di bagian bawah (All Product)
3.    Klik huruf ‘Y’
4.    Pilih YouTube Subscribe Button
5.    Pilih Configure a Button



6.    Pada menu Configure a Button ini Anda bisa mengubah beberapa menu pilihan. Untuk Nama Channel (1) (lihat gambar)  silakan isikan nama channel Youtube Anda, kalau Anda tidak tahu alamat Channel Youtube Anda, bisa klik ID (dengan syarat Anda sudah masuk ke akun gmail yang sesuai (lihat poin 1).
7.    Untuk mengatur tampilan, silakan ubah di Layout (2) dan hasilnya bisa dilihat di Preview (3).
8.    Perubahan Code akan terlihat di bagian bawah (4). Code inilah yang nanti akan kita pasang di blog.

Cara Memasang Code Subcribe Youtube di Blog

1.    Masuk ke blogger.
2.    Apabila akan memasang di sidebar, silakan masuk ke menu Layout, Tambhkan Gadget, dan pilih HTML/Javascript.
3.    Jika akan memasang di postingan blog, pilih posting, ubah pilihan dari Compoese ke HTML.
4.    Pastekan Code yang tadi telah dikopi, dan simpan.
5.    Lihat hasilnya.

Jika ada yang belum jelas, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Sebelumnya
Berikutnya

Penulis:

0 comments: