WHAT'S NEW?
Loading...

Tanaman Hias Ini Ternyata Beracun, Jauhkan dari Jangkauan Anak



Tanaman Hias Ini Ternyata Beracun, Jauhkan dari Jangkauan Anak. Tanaman hias ini sering didapati di pekarangan rumah. Di Indonesia dikenal dengan beberapa sebutan. Misal: beras wutah, sri rezeki, dumb cane, pisang tanah serta ada banyak lagi sebutan untuk tanaman ini, sedangkan nama ilmiahnya Dieffenbachia Amoena.




Daunya yang bercorak mirip motif batik, membuat banyak orang suka pada tanaman hias itu lantaran terlihat indah. Tidak heran jika kerap kali ditaruh di dalam ruangan sebagai penghias. Tak terkecuali di ruang tamu atau bahkan di sekolah.

Namun banyak orang yang tidak tahu dampak buruk yang diakibatkan pada tanaman itu, karena tanaman itu beresiko dan berbahaya mengandung racun.

Dieffenbachia Amoena, berasal dari benua Afrika, khususnya negara Kenya, Rwanda dan Uganda. Umumnya tumbuhnya di iklim tropis. Daunnya besar serta dan berwarna hijau segar sehingga menarik untuk dilihat.

Dilansir dari laman ksrpmi. unila. ac. id, Tanaman hias ini adalah tipe tanaman yang beracun dan bisa menyebabkan kematian. Bila daunnya termakan oleh anak, maka kandungan racunnya bisa menyebabkan kematian.

Pada anak-anak, konon daya mematikannya tak sampai satu menit. Sedang pada orang dewasa sekira 15 menit. Jika getah daunnya terkena mata, bisa menyebabkan kebutaan. Seberapapun tingkat bahayanya, sebagian besar literatur mengungkapkan tanaman ini memang beracun. Mulai dari menyebabkan iritasi hingga penyumbatan saluran pernafasan.

Sehingga kita patut waspada. Lebih baik memilih tanaman hias yang lebih aman agar tidak membahayakan anak-anak kita.


2 comments: Leave Your Comments

  1. Replies
    1. sebagai tambahan pengetahuan agar lebih waspada mas. terima kasih kunjungannya

      Delete