WHAT'S NEW?
Loading...

Dana 10 Triliun dan Sektor Semu Ekonomi Kita




Di hari jatuhnya rupiah menembus angka Rp 14.000 per dollar. Seirama dengan amblesnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Para pelaku ekonomi top negeri ini berkumpul. Entah apa yang dibahas. Entah untuk kepentingan siapa. Sejatinya masih tanda tanya.




Meski demikian langkah cepat diambil oleh Kementerian BUMN, sebuah imbaun untuk menggelontorkan dana hingga 10 triliun, bagi BUMN yang kuat demi menaikan IHSG, kisaran 1-2 %. Apakah sebanding modal dengan yang dihasilkan? Jika kita sering menyebut sektor riil, maka kita semestinya juga mengenal sektor semu. Dan IHSG kira-kira masuk sektor mana? Para pakaer ekonomi yang tahu.

Tapi sekirangan uang 10 triliun (kali sejumlah BUMN) itu dialokasikan untuk mendanai sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan. Maka akan berdampak pada kenaikan daya beli masyarakat. Dengan demikian sektor riil akan ikut terderek naik. Meski itu bukan langkah yang mudah. Tapi itulah yang sepertinya dianjurkan. Menempuh jalan yang mendaki lagi sukar, tapi penuh keberkahan.

“Maka tidakkah sebaiknya (dengan hartanya itu) ia menempuh jalan yang mendaki lagi sukar? Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan, …” (QS Al Balad :11-14)

Sumber bahan: geraidinar.com

0 comments:

Post a Comment