WHAT'S NEW?
Loading...

12 Hal yang Jarang Diketahui Tentang Kebun Teh Nglinggo Samigaluh



12 Hal yang Jarang Diketahui Tentang Kebun Teh Nglinggo Samigaluh Kulon Progo. Asyiknya berwisata adalah saat kita mengenal lebih dalam tentang budaya dan kondisi masyarakat setempat. Maka beberapa waktu lalu saat ketiga kalinya saya ke Kebun Teh Nglinggo, saya luangkan waktu sejenak untuk berbincang dengan mereka. Merasakan keramahan penduduk lokal yang hidup bersahaja.



Inilah 12 hal yang jarang diketahui orang tentang kebun teh Nglinggo dan hal yang berkaitan dengannya.


1.    Kebun Teh Nglinggo Pagerharjo Samigaluh Kulon Progo sering juga disebut Tanah Misi, karena di seputaran Desa Pagerharjo memang banyak berdiri Gereja pertanya maraknya kegiatan misionaris. Bahkan salah satu lahan Kebun Teh merupakan milik Yayasan Non-Muslim.
2.    Dusun Nglinggo sebenarnya terdiri dari dua pedukuhan yakni Nglinggo Barat dan Nglinggo Timur. Kebun Teh banyak masuk ke Nglinggor Timur, sedang Grojogan/Air Terjun Watu Jonggol masuk ke Nglinggo Barat.
3.    Meskipun terkenal dengan Tanah Misi, tetapi mayoritas pendudukan Nglinggo adalah muslim. Mereka banyak berafiliasi dengan Nahdhlatul Ulama (NU). Sedangkan kebanyakan siswa SD lebih memilih sekolah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah dan MI Ma’arif.
4.    Di Nglinggo ada pendopo yang bisa disewa untuk berbagai kegiatan, hanya saja letaknya yang berada belokan dan jalan yang menurun, jarang wisatawan yang memerhatikannya.
5.    Di Nglinggo ada peternakan Kambing, kalau tidak leiru Jenis PE, jumlah ternaknya mencapai 40-an ekor. Dikelola oleh person.
6.    Dengan jangkauan yang begitu dekat, Anda bisa berpindah ke tiga kabupaten dengan cepat, karena Wilayah seputaran Nglinggo masuk daerah Magelang di sebelah timur-utara, Purworejo di sebelah barat dan Kabupaten Kulon Progo sendiri.
7.    Selain kebun Teh Wisata alam yang bisa dinikmati adalah Air terjun atau Grojogan Watu Jonggol.
8.    Obyek yang tak kalah elok adalah Puncak Gunung Kukusan, yang letaknya sekitar 200 meter dari Kebun Teh, dan masuk wilayah Kabupaten Magelang. Tarif masuk Rp 2000 per orang.
9.    Memburu matahari terbit dari Kebun Teh Nglinggo tidaklah mudah. Sebab menjelang pukul delapan pun kadang kabut masih tebal menyelimuti bukit.
10. Sebetulnya di Kulon Progo, Kebun Teh tidak hanya di Nglinggo, melainkan di Puncak Suroloyo pun ada kebun teh. Tetapi jarang yang tertarik ke sana karena Suroloyo adalah destinasi wisata favorit di masa lalu.
11. Selain teh, oleh-oleh Khas Nglinggo adalah Kopi dan Gula Aren. Anda bisa mendapatkannya dengan bertanya ke penduduk lokal. Umumnya Kopi banyak di temukan di Nglinggo Barat.
12. Banyak yang datang ke Kebun Teh Nglinggo tapi sebagian besar pengunjung belum pernah mencicipi citarasa teh Nglinggo. Teh Nglinggo berasa beda dengan teh pada umumnya. Konon cara memasaknya seperti digoreng sangan atau digoreng tanpa minyak.

1 comment: Leave Your Comments

  1. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Explore Indonesia

    ReplyDelete