WHAT'S NEW?
Loading...

Meng-import Biodata Format Excel Calon Peserta Ujian Nasional pada Aplikasi UN



Mengimport data siswa calon peserta ujian nasional ke aplikasi ujian nasional akan sangat membantu mempercepat entry data. Apalagi  jika sebelumnya Anda telah memiliki data dalam bentuk excel. Tentu akan lebih mudah menggunakan menu import ketimbang menginput langsung ke aplikasi ujian nasional.

Formulir dalam bentuk excel telah tersedia dalam folder aplikasi. Silakan buka folder Aplikasi UN, carilah file format biodata dalam excel-P.xls jika ternyata belum ada, silakan masuk ke aplikasi, klik dua kali BIODATA UN.exe
1.    Masuk ke aplikasi dengan user name dan pasword aplikasi UN
2.    Pilih menu di sebelah kiri export/import
3.    Klik menu buat format excel (lihat gambar)
4.    Coba cek di folder aplikasi, lihat format biodata dalam excel-P.xls

Membuat biodata peserta UN format excel


Format inilah yang nanti akan menampung data hasil copy-paste dari data yang sudah ada. Silakan isikan seperti Anda menginput data di excel, dengan catatan kolom dan urutan data yang ada tidak Anda ubah, biarkan seperti format aslinya.

Tampilannya memang tidak teratur, maka silakan rapikan dengan menambah lebar kolom yang berimpitan. Setelah data di excel selesai, saatnya untuk menyimpan hasil inputan data.
1.    Pastikan save as dalam bentuk microsoft excel 5.0/95
2.    Ubah nama file yang Anda simpan, dari format biodata dalam excel-P.xls menjadi BIO15_0405070P.xls
BIO = biodata, 15=tahun pelaksanaan UN, 04 = kode provinsi, 05 = kode kabupaten, 070 = kode sekolah. xls = tipe file excel. Silakan sesuaikan dengan kode sekolah di mana Anda berada.
3.    Simpan file BIO15_0405070P.xls pada folder biodata
4.    Silakan tutup file BIO15_0405070P.xls, agar proses import tidak terganggu.
5.    Sekarang Anda bisa ke menu import/export, pilih sekolah yang akan Anda import, dan lakukan pengimportan dengan menekan pilihan Proses Excel lalu klik Proses. (lihat gambar)

cara import biodata peserta UN
6.    Tunggu notifikasi yang muncul, jika ada permasalahan akan ada peringatan di sana. Anda bisa mengubahnya melalui menu siswa.
7.    Atau jika Anda ingin mengubah melalui format excel lagi, bisa Anda lakukan nanti bisa diimport ulang, dan jika muncul pilihan timpa, silakan klik OK

Untuk memudahkan pengumpulan data, Anda bisa mencetak formulir isiannya terlebih dahulu. Cara Cetak Formulir Isian Aplikasi Pendaftaran Peserta Ujian Nasional

Jika masih ada kesulitan bisa kontak saya via facebook, eko sang pencerah. Semoga bermanfaat. [e]

0 comments:

Post a Comment