WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Menggabungkan Isi Sel Tanggal Lahir atau Angka di Excel



Cara menggabungkan isi sel pada Microsoft Excel sebenarnya sangat mudah. Jika Anda sering menggunakan excel untuk meninput data, terkadang kita dipusingkan dengan permintaan data yang berbeda format atau kolomnya. Misal untuk tempat dan tanggal lahir.

Misal satu formulier menghendaki tempat dan tanggal lahir dipisah. Sementara formulir yang lain harus digabung. Belum lagi dalam format penulisan tanggal yang sering berubah-ubah. Contoh penulisan tanggal lahir, Sleman, 30 Januari 1982. Di formulir lain menghendaki ketiganya di tulis dipisah sementara yang lain harus digabung.

Trik menggabungkan isi sel di excel dengan mudah dan cepat bisa menggunakan perintah CONCATENATE. Caranya silakan lihat petunujuk dan gambar.

1.    Pertama buat kolom baru yang akan digunakan untuk tempat penggabungan.
2.    Kemudian ketikan rumus dengan Concatenate. Carannya pada sel yang digunakan untuk menggabung, tulis =concatenate(sel_1;sel_2;sel_3)



3.    Sel_1 dst silakan langsung klik pada sel yang akan digabung, pisahkan dengan tanda titik koma ;


4.    Setelah itu klik enter
5.    Jika menghendaki ada tanda lain, misal titik (.), strip (-), garis miring (/) dsb. Anda bisa membuat/menyisipkan sel baru di antara angka yang ada. Lihat gambar yang diblok kuning. Lalu lakukan cara yang sama denngan rumus point 2, tentu saja sel yang ada tanda yang akan disisipkan juga diikutkan.



Trik ini mungkin hanya berlaku jika untuk hasil yang diprint out, saya tidak paham apakah rumus ini menyalahi penghitungan di excel atau tidak. Sebenernya ada rumus baku dari excel tapi saya tidak senang karena ribet. Karena saya sendiri tidak begitu mahir, ya hanya sekedar cari-cari cara yang gampang dilakukan. Semoga bermanfaat.

1 comment: Leave Your Comments

  1. sekarang mudah ya menyatukan isi sel
    makasih infonya

    ReplyDelete