WHAT'S NEW?
Loading...

Lima Alasan Blogger Berhenti Bisnis Online dan Google Adsense


[blog] – Banyak para blogger yang memutuskan berhenti bisnis online dan google adsense. Saya tergelitik untuk menuliskannya, setelah tadi siang bertemu dengan salah seorang yang pernah mencoba adsense. Saya juga sempat membaca tulisan para blogger dan di akun media sosial yang mengungkapkan mengapa akhirnya mereka berhenti menemuki bisnis online. Saya merangkumnya menjadi lima alasan berhenti google adsense.

gambar ilustrasi dari internet


Pertama, para blogger berhenti setelah mereka mandapatkan pekerjaan lain di dunia nyata. Kesibukan di pekerjaan membuat sebagian blogger tak sempat lagi mengurus blog. Bisa ditebak, blognya pun terbengkalai, dan tersisih dari persaingan di mesin pencari.

Kedua, aturan google adsense yang semakin rumit. Paska penerapan algoritma google terutama google panda, tidak sedikit publisher adsense yang kena banned. Tentu ini sangat memukul para blogger, mereka yang sebelumnya mampu mendulang ribuan dollar per bulan, tiba-tiba hilang. Sebagian kemudian memilih menyerah dan berhenti. Tetapi sebagian lain justru menjadikannya pengalaman pahit untuk belajar dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan.

Ketiga, memilih google adsense butuh ketekunan dan kerjas keras. Terus belajar dan mengembangkan diri. Banyak di antaranya yang menganggap bisnis online itu mudah. Maka setelah tahu beratnya ujian di google adsense, mereka pun menyerah.

Keempat, bosan. Ini menjadi salah satu tantangan terberat. Terutama bagi mereka yang lebih senang berinteraksi dengan orang lain secara nyata. Meskipun dapat disiasati dengan menjadi kawan sesama blogger dari berbagai komunitas.

Kelima, lingkungan. Pengaruh lingkungan juga cukup signifikan. Baik dari keluarga maupun masyarakat. Kreatifitas dan kemampuan para blogger sering kurang mendapat apresiasi. Alih-alaih diperhatikan, mereka sebagian malah mendapat cap tidak sedap, akibat pekerjaan mereka yang dianggap tidak jelas.

Tetapi banyak juga blogger yang tetap eksis bertahun-tahun. Salah satu yang penting adalah berinvestasi nyata di usaha riil. Ada blogger yang dari penghasilannya kemudian membeli tanah atau properti lain. Ada pula yang membukan usaha perdagangan. Sehingga jika suatu saat berhenti dari aktifitas blog, mereka masih tetap berpenghasilan.


Salam sukses. 

0 comments:

Post a Comment