WHAT'S NEW?
Loading...

Siapakah Fotografer Wallpaper Legendaris di Windows XP?


[Info Tekno]Para pengguna PC atau laptop yang memakai sistem operasi Windows XP tentu sangat akrab dengan wallpaper padang rumput bergelombang dengan serakan awan putih di atasnya. Saya dulu menduga itu adalah foto hasil rekayasa dengan software foto editing. Ternyata wallpaper yang diberi nama Bliss itu adalah foto asli. Lalu siapakah fotografer yang berhasil menghasilkan karya foto tersebut?

microsoft windows xp
www.wikipedia.org


Ialah Charles “Chuck” O’Rear yang berhasil mengabadikan pemandangan di perkebunan anggur di California Utara. Saat itu ia sedang melintasi wilayah tersebut dan melihat awan putih yang berpencar-pencar. Ia lalu turun dan memotretnya dengan kamera Mamiya RZ67 dalam format medium. Foto itu ia unggah ke situs Corbis yang didirikan dan dikelola Bill Gates, CEO Microsoft. Tampaknya para insinyur yang tergabung dalam proyek Windows XP tertarik dengan foto itu dan memilihnya sebagai wallpaper.

Charles “Chuck’ O’rear sendiri adalah seorang fotografer profesional yang juga menghasilkan karya-karya yang dipublikasikan. Bliss diambil pada tahun 1996, tepatnya di daerah County Sonoma, California. Ketika foto diambil, bukit itu belum memiliki ladang anggur. Demikian seperti dijelaskan laman wikipedia.org.

Bliss menjadi wallpaper legendaris windows XP. Microsoft membeli secara eksklusif foto itu dan konon menjadi pembelian paling mahal untuk foto tunggal. Meskipun harganya tak dipublikasikan. Saking familiernya Bliss, konon di negara seketat Korea Utara pun sebagian menggunakan perangkat komputer berwalpaper Bliss.


Meskipun kini Windows XP telah pensiun namun ketenaran Bliss yang telah dilihat miliaran orang akan selalu dikenang. Lamanya sistem operasi Windows XP bertahan akibat kurang terkenalnya penerus semamcam Windows ME atau Vista, menyebabkan semakin banyak orang yang lebih familier dengan Windows XP. Tentu saja para pengguna juga semakin akrab dengan Bliss, si wallpaper yang legendaris. [et.com]

2 comments: Leave Your Comments

  1. terima kasih Gus, mampir dalam arti sebenarnya juga bisa :)

    ReplyDelete