WHAT'S NEW?
Loading...

5 Alasan Mengapa Blogger Harus Jujur?


[Blog] – Pernah tertipu bisnis online? Atau kesal gara-gara program internet yang kita ikuti ternyata scam alias penipu. Setelah lelah berminggu-minggu melotot di depan komputer, giliran mau ambil gaji alias pay out (PO) ternyata tak bisa. Seperti perkembangan teknologi, metode penipuan juga kian canggih. Saya sendiri belum pernah secara langsung tertipu. Meski pernah beli e-book atau beli software, tapi selama ini saya merasa penjualnya cukup bertanggungjawab dan tidak menipu.
Hanya saja, saya cukup kaget ketika di salah satu grup (adsense) ternyata ada kawan yang saya anggap baik, ternyata menipu puluhan anggota grup. Dengan dalih menjual e-book dan akun google adsense (GA). Total perkiraan hasil penipuan hingga 20 juta! Itu untuk sekali tipuan di satu grup saja. Saya jadi berpikir, segitunya orang mencari uang dengan jalan menipu. Mengorbankan kepercayaan dan pertemanan demi hasil instan.

Ada pula tawaran yang menjanjikan penghasilan ratusan dollar dengan membeli software semacam autoblog. Sehingga trafik bisa naik dan dollar pun akan semakin deras mengalir. Hanya saja, saya punya prinsip, bahwa untuk meraih hasil yang baik dan banyak, butuh kerja keras dan perjuangan. Sehingga bagi saya, capek menulis dan membuat postingan, akan sebanding dengan yang kita raih. Artinya kita berusaha, tidak sekedar bersantai ria.

Satu hal yang perlu kita pahami dalam berbisnis online adalah, bisnis ini tidak mudah, butuh kerja keras dan kesabaran. Tidak menjanjikan keuntungan instan dan pundi dollar terus menumpuk. Dengan mindset semacam ini para blogger tidak akan mudah menyerah jika mendapati kendala.

Tidak kalah pentingnya adalah kita berbuat jujur. Jangan curang. Karena ini akan merugikan bukan hanya bagi kita tapi juga bagi orang lain, bahkan bisa jadi komunitas blogger se-Indonesia.

Inilah lima alasan blogger wajib berbuat jujur.

Pertama, jelas, kejujuran merupakan ajaran agama dan menjadi nilai kebaikan yang bersifat universal. Bersifat insani. Setiap orang tak mau dibohongi, ini lumrah. Begitu pula seharusnya kita, tidak boleh curang atau membohongi pihak manapun. Secara norma agama, berbohong berarti dosa.

Kedua, berbohong akan merugikan orang lain. Membuat putusnya persahabatan dan sulit tersambung lagi. Karena orang terlanjur hilang kepercayaan.

Ketiga, reputasi akan hancur. Sekali berbuat curang/bohong, maka reputasi yang kita bangun akan hancur seketika.

Keempat, keuntungan yang kita dapat dari kecurangan akan mudah habis. Ini seperti rumus, gampang dapatnya gampang hilangnya.

Kelima, ini yang parah, google atau penyedia pundi dollar lain akan memblacklist blogger dari negara kita. Ini jika kecurangan dipandang telah dilakukan secara massif. Tentu ini sangat merugikan kita semua.


So, mari ngeblog dengan jujur. Meski  hasil sedikit tapi itu lebih baik. Lebih berkah. [et.com]

4 comments: Leave Your Comments

  1. mantap pak..mbok saya ikut belajar kaleh njenegan :)
    ini pengalamanku banget :D dan seepertinya blog ini mau di siapkan buat GA nih..boleh pak ajarin saya main GA ^_^
    kunbol njeh pak www.carainiitu.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kunjungannya Pak, saya lihat blog njenengan malah lebih komplit. Njenengan lebih berpengalaman, saya lagi belajar kok. Terpenting memang apapun harus dilakukan dengan tekun dan jujur, agar hasilnya juga berkah. Semangat :)

      Delete