WHAT'S NEW?
Loading...

Mencicipi Kesegaran Menoreh di Bawah Air Terjun Curuk Sidoharjo



Pernah mendengar kata menoreh? Bagi yang di Jawa atau suka dengan cerita persilatan mungkin pernah mendengarnya. Dari penggalan judul ‘Api di Bukit Menoreh-nya SH. Mintardja yang pernah dimuat oleh Kedaulatan Rakyat antara tahun 1968 – 2002. Bermula melihat foto yang diunggah seorang kawan di grup WA, saya tertarik untuk menikmati kesegaran menoreh. Mengaca pada sejarah dan aliran darah, saya sendiri termasuk salah satu keturunan putra menoreh. Karena ibu saya asli kelahiran menoreh, wilayah Purwosari Girimulyo.

Air Terjun Curuk Sidoharjo Samigaluh


Akhirnya pada Kamis, 1 Mei 2014 lalu saya bersama istri dan azizah, putri saya, bisa meluangkan waktu untuk ke sana. Berbekal informasi terbatas, perempatan Dekso ke barat, dekat dengan MTs N Sidoharjo. Saya teringat punya sahabat yang kerja di MTs N Sidoharjo, namanya Nur Akhwan. Seorang blogger juga. Di luar dugaan tempat kerjanya ternyata mewah dalam arti sebenarnya bukan sekedar mepet sawah. Lokasinya yang di lereng bukit memungkinkan mata bisa mengedarkan pandang menikmati pesona alam menoreh.

Jalan menuju air terjun Curuk Sidoharjo cukup berliku jika ditempuh lewat arah Dekso ke Barat. Nanti ada MTs N Sidoharjo,persisi di sampingnya ada jalan corblok menanjak, ikuti rute itu, setelah sampai pertigaan yang ada gardunya ambil arah ke kiri (naik) nanti akan terlihat papan petunjuk ke arah air terjun. Bila lewat Dekso ke barat, selain jaraknya menjadi lebih jauh, kondisi jalan pun naik turun dan tak begitu baik. Maka saat pulang saya memilih rute Boro nanti akan tembus perempatan Dekso ke utara. Kondisi jalannya lebih baik. Bila menaiki kendaraan bermotor atau mobil, tersedia tempat parkir di halaman rumah Pak Dukuh Somoroto.

Untuk mencapai lokasi air terjun, kita harus berjalan kaki sekira 700 meter, melewati bibir tebing, menyeberangi kali dengan kondisi jalan berkerikil. Jika lewat rute lain, naik dekat Masjid, konon bisa menggunakan sepeda hingga lokasi. Menurut masyarakat sekitar, ramainya pengunjung ke air terjuan belum lama. Mungkin maraknya sosmed membuatnya lebih dikenal. Nah inilah beberapa gambar yang sempat saya ambil. Sangat terbatas, berhubung batre kamera limit (gak sempat ngecaz). [esp]


untuk foto-foto silakan klik di sini : Foto-foto Air Terjun Curuk Sidoharjo

0 comments:

Post a Comment